Motor Dual Sport India “Hero Impulse” Akhirnya Tutup Usia



Salah satu pabrikan motor terbesar di India, Hero, akhirnya menyuntik mati motor dual sport 150 cc yang bernama Impulse. Motor itu kini sudah menghilang dari daftar produk di website resmi Hero. Impulse sendiri pertama kali menjalani debut pada Agustus 2010 di London dan kemudian diluncurkan secara resmi di India pada Oktober 2011. Setelah beberapa tahun dipasarkan, Hero memutuskan menghentikan produksi Impulse. Padahal beberapa tahun yang lalu sempat ada kabar yang menyebut Impulse bakal masuk ke Indonesia melalui jalur CKD alias impor terurai, meskipun kabar itu menguap begitu saja. Memang apa yang membuat Impulse disuntik mati??

Dilansir oleh MotorBeam, penghentian produksi Impulse disebabkan karena Hero menilai permintaan terhadap motor dual sport 150 cc ini tidak besar. Penjualan Impulse sejak pertama kali diluncurkan nggak begitu bagus. Kemudian dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi India menerapkan standar regulasi emisi yang lebih ketat, yaitu BS4. Hero tidak memiliki rencana memberikan update terhadap Impulse agar lolos regulasi BS4 lantaran motor ini menggunakan basis mesin Honda NXR 150 Bros. Apesnya, sesuai dengan kesepakatan dengan Honda, Hero nggak diperbolehkan membuat ubahan apapun terhadap mesin tersebut.

Yups… Sebelumnya Hero memiliki kerja sama yang sangat panjang dengan Honda di India. Keduanya merupakan mitra yang membuat Honda merajai market motor di Negeri Bollywood. Namun Hero kemudian mengambil langkah besar, yakni berpisah dengan Honda. Hero lebih memilih membangun brand-nya sendiri bermodalkan berbagai ilmu dan teknologi yang sudah didapatkan selama menjadi mitra Honda. Setelah berpisah, sejumlah produk Honda, termasuk NXR 150 Bros, masih tetap dijual oleh Hero dengan berganti nama menjadi Impulse. Tanpa Honda sekalipun sekarang Hero masih tetap eksis menjadi salah satu pabrikan terbesar di India. Mereka sempat memiliki rencana mengeluarkan motor dual sport yang lebih powerful dari Impulse. Tapi sayangnya sampai sekarang rencana itu nggak kunjung terwujud. Kita nantikan saja gebrakan lain dari Hero bro!



Advertisements