Astra Honda Motor: Kami Bakal Serius di Segmen Motor Trail!



Ketika informal press conference dengan blogger dalam peluncuran dan test ride Honda CRF250RALLY di Bukit Jaddih, Minggu (19/3/2017) lalu, baik PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia maupun PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) sebagai main dealer Honda di Jawa Timur sepertinya sangat sadar bahwa CRF250RALLY masuk ke segmen yang sangat sempit. Motor ini nggak bisa dijual dalam volume yang banyak. Sudah motor dual sport/adventure itu segmented, ditambah dengan harga CRF250RALLY yang cukup premium pula (Rp 63 jutaan). Pasti pembelinya nggak banyak. Bahkan MPM cuma mamasang target penjualan CRF250RALLY sebanyak 15 unit per bulan di Jawa Timur. Sangat sedikit!!

Pasti bro sekalian penasaran, apa yang membuat AHM tetap menjual CRF250RALLY meskipun pasarnya sangat kecil. Soalnya ini bukan gaya AHM banget. Biasanya AHM itu ngejar volume. Malah kadang market ribuan unit per bulan pun nggak mau masuk. Tapi pada case CRF250RALLY ini, market yang cuma puluhan unit per bulan secara nasional nekat dimasuki. Jelas ini membuat kita bertanya-tanya, apakah AHM punya hidden agenda dibalik peluncuran CRF250RALLY? Beruntung sekali ada perwakilan AHM yang datang dalam event test ride CRF250RALLY sehingga bisa sedikit menjawab rasa penasaran ktia semua… Pak Willy, Sales Supervisor AHM Area Jawa Timur, dalam sesi informal press conference dengan blogger beberapa hari yang lalu menyebut bahwa CRF250RALLY merupakan produk yang dipakai oleh AHM untuk memperkenalkan genre baru, yaitu genre trail atau adventure.

“CRF250RALLY ini produk untuk memperkenalkan (segmen trail). AHM itu belum pernah main ke segmen trail atau adventure. Waktu itu (Februari 2017) kita launching CRF250RALLY dan CRF1000L Africa Twin. Jadi itu kita pakai semacam penggerak utama untuk mengeluarkan produk-produk kita, untuk menjukkan kita bakal serius juga nih. Di segmen ini (trail) kita bakal serius! Dan mungkin setelah CRF250RALLY bakal keluar lagi beberapa produk tambahan yang nggak kalah menarik,” ungkap Pak Willy.



Kalau opini Adventuriderz.com sih pernyataan Pak Willy adalah kode keras bahwa setelah CRF250RALLY ini AHM bakal mengeluarkan produk baru lainnya di segmen trail. Jadi CRF250RALLY bersama dengan CRF1000L Africa Twin hanya untuk membangun brand image, bukan untuk mengejar volume penjualan. Pernyataan Pak Willy itu pun semakin membuat Adventuriderz.com penasaran. Apakah produk lanjutan yang bakal diluncurkan oleh AHM adalah CRF150L? Maklum, trail 150 cc lebih bisa diandalkan sebagai volume maker ketimbang 250 cc. Sayangnya waktu Adventuriderz.com mengejar pertanyaan itu ke Pak Willy, beliau enggan membeberkannya. Mungkin karena project CRF150L masih confidential ya…

“No comment. Tunggu aja undangannya kalau ada produk baru. Yang jelas untuk produk ini (CRF250RALLY) kita nggak mengejar volume. Tetapi kita lebih ingin memperkenalkan produk kita di segmen baru yang akan kita jajaki dengan produk-produk selanjutnya yang nggak kalah menarik. CRF250RALLY hanya sebagai pengenalan ya,” seru Pak Willy.

Ya begitulah AHM bro… Selalu ngajak kucing-kucingan… Ngasih umpan, tapi setelah dikejar tetap berusaha kabur… Coba deh perhatikan kutipan pernyataan dari Pak Willy di atas, “Kita lebih ingin memperkenalkan produk kita di segmen baru yang akan kita jajaki dengan produk-produk selanjutnya yang nggak kalah menarik”. Walaupun nggak disebutkan secara lisan, namun Adventuriderz.com cukup yakin kalau produk lanjutan itu adalah CRF150L yang digadang-gadang sebagai pesaing bagi Kawasaki KLX150. So, mengenai kehadiran CRF150L itu bukan sekedar rumor atau isapan jempol belaka. Bukan nggak mungkin CRF150L nongol di semester kedua 2017!

Advertisements