Tips Membuat Honda CRF250RALLY Lebih Garang di Medan Off Road



Honda CRF250RALLY adalah jagoan baru dari Astra Honda Motor (AHM) yang menyasar segmen motor dual sport sekaligus segmen motor adventure. Ya boleh dibilang CRF250RALLY itu motor dual sport++, karena dibangun dari basis mesin dan frame motor dual sport CRF250L, namun punya baju khas motor adventure atau motor rally. Nggak heran kalau aura off road pada CRF250RALLY begitu kental. Kemudian CRF250RALLY memiliki fairing yang menutup seluruh frame dan mesin, serta punya windscreen yang membuatnya lebih nyaman dipakai untuk perjalanan jarak jauh ketimbang motor dual sport biasa.

Adventuriderz.com belum melakukan pengetesan bagaimana kenyamanan dan performa CRF250RALLY di jalan aspal. Tapi untuk off road, Adventuriderz.com sudah melakukan test ride CRF250RALLY di Bukit Jaddih beberapa waktu yang lalu. Hasilnya sih cukup oke… CRF250RALLY bisa dengan mudah melibas track light off road yang berupa perbukitan kapur yang memiliki tanjakan lumayan curam dan turunan tajam. Tapi buat para penggemar adventure yang lebih berorientasi off road, tendangan tenaga dan torsi CRF250RALLY masih terlalu sopan. Nggak ada ledakan torsi yang meledak-ledak khas motor off road. Biar CRF250RALLY lebih mantap lagi buat melintasi jalur off road, Adventuriderz.com bakal memberikan sejumlah tips seperti di bawah ini:

Pasang Knalpot Free Flow

Knalpot standar CRF250RALLY itu memiliki standar Euro 4 dengan suara yang sangat lembut dan membuat tenaganya seperti tertahan, kurang plong lah… Biar tarikan lebih nampol, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti knalpot standar CRF250RALLY dengan knalpot free flow. Toh dalam waktu yang cukup singkat udah banyak produsen knalpot yang memproduksi knalpot khusus untuk CRF250RALLY. Harganya pun sangat beragam. Tapi kalau mau mendapatkan knalpot berkualitas bagus, bisa mengeluarkan tenaga secara maksimal, dan suaranya masih sopan, tentu butuh merogoh kocek yang agak banyak.

Ganti Rasio Final Gear

Langkah kedua yang bisa dilakukan agar CRF250RALLY lebih garang di medan off road adalah dengan mengubah rasio final gear. Caranya gampang kok, tinggal mengganti sprocket belakang dengan ukuran yang lebih besar atau mengganti sprocket depan dengan ukuran yang lebih kecil. Bisa juga mengombinasikan keduanya sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Dijamin jambakan torsi CRF250RALLY jadi lebih kuat. Tapi konsekuensinya top speed jadi berkurang. Coba baca-baca artikel “Tips Menaikkan Akselerasi Motor Trail Tanpa Ubahan di Sektor Mesin“.

Pasang Ban Off Road Tulen

CRF250RALLY sudah dilengkapi dengan ban kembangan yang kasar. Tapi ban ini sebenarnya masih tergolong sebagai ban dual purpose yang bersifat 50:50. Artinya 50 persen dipakai on road dan 50 persen lagi off road. Performa ban dual purpose IRC Trails di medan off road nggak terlalu buruk. Namun untuk memberikan kinerja yang lebih maksimal di medan off road, nggak ada salahnya kalau mengganti ban standar dengan ban off road tulen. Banyak banget di pasaran ban off road tulen yang plug and play ketika dipasang pada CRF250RALLY, karena CRF250RALLY menggunakan ukuran standar ban trail full size dengan diameter 21 inch pada bagian depan dan 18 inch pada bagian belakang.

Setting Suspensi Lebih Keras

Adventuriderz.com demen dengan suspensi yang soft, tapi settingan suspensi CRF250RALLY sangat soft. Buat yang baru beralih dari street bike ke CRF250RALLY, settingan suspensi seperti ini terasa nyaman karena jalan-jalan tidak rata bisa diredam dengan baik oleh suspensi. Beda cerita buat rider yang sudah sering main motor trail. Suspensi yang terlalu soft membuat motor banyak mengayun ketika high speed. Solusi paling mudah biar suspensinya lebih stiff adalah dengan menambah oli suspensi. Sebaiknya sih settingan suspensi disesuaikan dengan bobot rider. Terlalu soft kurang enak, terlalu stiff juga kurang nyaman karena bisa bikin tangan kesemutan saat melintasi medan off road.


Advertisements