• Home »
  • Article »
  • Honda Bikin CRF450RX Street Legal? Sosoknya Tampil di Young Machine!

Honda Bikin CRF450RX Street Legal? Sosoknya Tampil di Young Machine!

Rekan blogger dari Jawa Barat, Mang Asep, mengupload cover majalah otomotif Jepang, Young Machine, edisi terbaru. Dalam postingannya, Mang Asep membahas mengenai renderan New Suzuki Hayabusa yang menurutnya mirip seperti macan Cisewu. Tapi sebagai blogger yang lebih banyak membahas mengenai motor trail dan adventure, Adventuriderz.com nggak bakal ikut latah membahas mengenai macan Cisewu. Hehehe… Yang bikin penasaran justru di cover majalah tersebut ada dua sosok motor trail. Kira-kira motor apa ya??

Kita bahas satu sosok motor dulu deh ya… Kita bahas yang merah… Adventuriderz.com nggak bisa membaca huruf kanji dan di gambar juga sepertinya nggak ada keterangan. Namun menurut penerawangan, kayaknya motor trail berwarna merah itu adalah Honda CRF450RX. Dari segi desain, frame, mesin, bentuk leher knalpot, grafis, dan lain-lain cukup identik dengan motor enduro CRF450RX yang diluncurkan oleh Honda menjelang akhir tahun 2016 lalu. Tapi anehnya, gambar yang diduga CRF450RX di majalah Young Machine itu dilengkapi dengan headlamp, lampu sein, kaca spion, dan tail light. Padahal CRF450RX yang diluncurkan tahun lalu didaulat sebagai motor enduro tulen tanpa ada lampu-lampu.

Dari situ Adventuriderz.com jadi bertanya-tanya, apakah Honda sedang mempersiapkan motor off road street legal berbasis CRF450RX? Kalau iya berarti jadi lompatan yang sangat besar dari Honda nih bro. Kenapa? Soalnya CRF450RX itu merupakan motor enduro/off road tulen yang dibangun dari basis motor balap motocross CRF450R. Performanya jelas jempolan dan bobotnya juga enteng. Lha wong basisnya motor kompetisi kok! Tapi umumnya motor kompetisi seperti ini nggak comply dengan regulasi emisi yang ada. Emisi gas buang tinggi dan suara yang terlalu menggelegar kerap menjadi kendala ketika diajukan sebagai motor street legal. Apalagi semakin hari regulasi emisi di berbagai negara semakin ketat.

So, kalau benar CRF450RX sukses dibuat sebagai motor street legal, maka Honda telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus. Paling tidak Honda memberikan keleluasaan kepada konsumen yang membeli CRF450RX, apakah akan menggunakan motor ini cuma buat off road atau bisa juga memakainya buat off road dan on road sekaligus. Nggak cuma penggemar off road adventure aja lho yang pengen motor performa tinggi plus bobot enteng. Para petualang on road – off road juga pengen motor yang sama. Coba cek bro… Hampir seluruh lineup motor enduro KTM & Husky bisa dibuat street legal dengan tetap mempertahankan performa yang beringas dan bobot ringan. Masa’ Honda nggak bisa? Hehehe…

Advertisements