• Home »
  • Article »
  • Jadwal Dakar 2018 Telah Keluar – Digelar di Peru, Bolivia, & Argentina!

Jadwal Dakar 2018 Telah Keluar – Digelar di Peru, Bolivia, & Argentina!

Penyelenggara Rally Dakar memang selalu bergerak sangat cepat. Hanya berselang sekitar dua bulan setelah selesainya ajang Dakar 2017, mereka sudah mengumumkan rute yang bakal dipakai pada ajang balap Dakar 2018. Padahal kalau dipikir-pikir kan masih setahun lagi. Tapi mungkin biar para tim dan pembalap bisa mempersiapkan diri dengan baik ya. Maklum, Dakar bukanlah ajang balap yang main-main. Boleh dibilang ini merupakan ajang balap rally/off road paling kejam di dunia dengan durasi waktu setengah bulan dan rata-rata memiliki jarak total 9.000 km. Persiapan yang matang mutlak sangat diperlukan, baik itu dari sisi rider maupun motornya.

Sama seperti Dakar 2017, pada Dakar 2018 nanti balapan akan melewati tiga negara. Bolivia dan Argentina sudah paten terus menjadi tuan rumah, sedangkan posisi Paraguay yang menjadi titik start pada 2017 digantikan oleh Peru.  Sebelumnya para pembalap sudah merasakan keganasan gurun pasir di Peru pada tahun 2012 dan 2013. Kembali dipilihnya Peru menjadi salah satu rute yang dilewati Dakar tentu saja membuat sejumlah pembalap bernostalgia.

Rencananya Dakar tahun depan bakal digelar pada 6-20 Januari 2018. Total ada 14 stage yang diperlombakan selama 14 hari dengan satu hari merupakan rest day pada pertengahan lomba. Titik start dimulai dari Lima yang menjadi ibukota Peru dengan rata-rata ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut menuju La Paz (Bolivia) yang menjadi lokasi rest day. Dari La Paz, petualangan dilanjutkan menuju ke arah Argentina hingga finish di Kota Cordoba. Tantangan Dakar 2018 kemungkinan masih sama dengan Dakar sebelumnya, mulai dari kesulitan dalam hal navigasi hingga ketinggian jelajah yang bikin tenaga rider dan motor terkuras habis. Semoga saja cuaca saat Dakar 2018 lebih baik ketimbang Dakar 2017 sehingga race berjalan lancar.

Kalau ngomongin soal peluang juara, tentu semua berpeluang bro. Soalnya balap Dakar itu sangat unpredictable. Tapi di atas kertas KTM masih sangat sulit untuk ditumbangkan. Tim orange punya motor dengan performa ganas, lengkap dengan pembalap-pembalap berkualitas tinggi. Saat ada satu pembalap unggulan tumbang, rupanya pembalap-pembalap lain bisa tampil cemerlang. Tapi tentu saja tim-tim lain seperti Honda, Yamaha, Husqvarna, dan Sherco nggak akan tinggal diam. Honda tahun ini tampil sangat cemerlang. Sayangnya mereka apes karena semua pembalap terkena penalty waktu rata-rata satu jam karena melakukan pengisian bahan bakar di tempat terlarang. Kalau nggak kena penalty, Honda pasti bersaing sengit dengan KTM. Yamaha juga tampil impresif. Pembalapnya kerap mengisi podium atau setidaknya papan atas. Balap Dakar 2018 mendatang dijamin lebih seru!

Advertisements