Ada yang Beda dengan Yamaha Serow di Majalah Young Machine



Dalam majalah Young Machine terbaru ada dua sosok motor trail yang tertera di sampulnya. Satu motor udah kita bahas beberapa hari yang lalu dengan indikasi adalah Honda CRF450RX street legal. Bagaimana dengan sosok yang satunya lagi? Kalau dilihat dari fisiknya, motor trail dengan warna hijau putih itu kemungkinan Yamaha Serow (di Jepang) atau di wilayah negara-negara lainnya dikenal dengan nama Yamaha XT250. Tapi kok kayaknya ada yang beda ya dengan Yamaha Serow di majalah Young Machine? Mungkin bro tahu apa perbedaannya?

Secara umum nggak terlalu banyak perbedaan antara Yamaha Serow model year 2017 dengan yang ada pada majalah Young Machine. Desain masih 90 persen sama. Perbedaan yang cukup mencolok ada di bagian headlamp. Yamaha Serow yang ada sekarang menggunakan headlamp bulat konvensional, sedangkan yang ada di Young Machine sepertinya pakai model projie atau malah LED bertumpuk. Kemudian suspensi depan masih tetap mengandalkan model teleskopik. Bedanya yang ada di Young Machine suspensi teleskopik itu ditutup dengan cover yang terbuat dari bahan plastik layaknya suspensi upside down, bukan karet berkerut.



Rupanya perbedaan antara Yamaha Serow di pasaran dengan gambar yang ada di Young Machine nggak cuma dari headlamp dan cover suspensi depan saja bro… Pada majalah otomotif ternama di Jepang itu Yamaha Serow tampil dengan mesin 250 cc, satu silinder, SOHC, 4-stroke, dan 2-valve. Kurang lebih mesin ini mirip dengan milik Yamaha Scorpio yang pernah mengaspal cukup lama di Indonesia. Hanya saja mesin Yamaha Serow di majalah Young Machine sudah menggunakan sistem pendingin oli (oil cooler), bukan lagi sistem pendingin udara. Apakah ini yang bakal jadi update terbaru Yamaha Serow ya? Kalau iya sih motor ini benar-benar luar biasa. Umurnya sangat panjang. Tahun lalu saja Yamaha mengeluarkan Yamaha Serow edisi spesial dalam rangka memperingati ulang tahun ke-30. Walaupun umurnya udah lebih dari 30 tahun, tapi modelnya nggak banyak mengalami perubahan. Mesinnya juga awet gitu-gitu aja. Beneran motor yang long lasting. Sayangnya motor ini nggak dijual di Indonesia.

Advertisements