Kenalan dengan Motor Adventure dari Negeri Elizabeth – CCM GP450

Market motor adventure memang terus bergeliat. Pabrikan motor Eropa, Jepang, hingga China saling berlomba-lomba mengeluarkan motor adventure dalam berbagai kubikasi. Untuk pabrikan asal Eropa, khususnya Inggris, mungkin yang sangat dikenal rajin mengeluarkan motor adventure adalah Triumph. Tapi rupanya selain Triumph ada lagi pabrikan asal Inggris yang ikut meluncurkan motor adventure. Siapakah dia??

Mungkin nggak banyak penggemar motor di Indonesia yang kenal dengan brand CCM Motorcycles. Maklum, CCM bukanlah brand besar macam Triumph yang produknya sampai mana-mana, termasuk Indonesia. Jumlah produk yang dikeluarkan oleh CCM masih sedikit dan rata-rata cukup segmented. Salah satunya di segmen motor adventure, CCM punya produk bernama CCM GP450. Ini dibagi lagi menjadi tiga varian, yaitu CCM GP450 RS, CCM GP450 S, dan CCM GP450 Adventure. Pada dasarnya semua varian itu menggunakan basis frame dan spesifikasi mesin yang sama persis!

Dari sisi desain, CCM GP450 series memang bergaya adventure banget. Tapi lebih condong seperti motor yang dipakai di ajang balap rally ya. Modelnya ramping, jok tinggi dan rata, ground clearance tinggi, travel suspension panjang, ban ring 18-21 inch, serta dilengkapi dengan fairing dan windscreen khas motor rally/adventure. Asyiknya, CCM GP450 sudah dilengkapi dengan bracket untuk membawa hard luggage maupun soft luggage. Kalau yang sudah ada di Indonesia, desainnya mirip-mirip lah dengan gaya Honda CRF250RALLY yang belum lama ini diluncurkan oleh Astra Honda Motor (AHM).

Sekarang ngomongin soal mesin deh bro… Nah, CCM GP450 series menggendong mesin berkapasitas 449,5 cc, satu silinder, DOHC, 4-stroke, dan berpendingin radiator yang dicangkokkan sistem pembakaran injeksi dan transmisi manual 5-percepatan. Kerennya, mesin ini menggunakan klep dari bahan dasar titanium, membuat letupan tenaga dan torsinya lumayan bengis. Mesin CCM GP450 series sanggup memuntahkan tenaga sebesar 40,23 HP di putaran mesin 7.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 42,8 Nm di putaran mesin 6.500 rpm. Ciri khas motor satu silinder banget nih, torsi mesinnya begitu gede. Dijamin tarikan CCM GP450 sangat kuat. Sedangkan top speed CCM GP450 series diklaim bisa tembus 145 km/jam. Walaupun performanya tergolong bengis dengan kapasitas mesin lumayan besar, tapi ternyata konsumsi bahan bakar CCM GP450 series nggak buruk-buruk amat. Satu liter bensin bisa dipakai untuk menempuh jarak 22,2 km. Lebih menarik lagi karena motor ini punya interval servis yang panjang. Pemilik cukup melakukan servis CCM GP450 setiap 8.000 km sekali!

Fitur yang dipasang pada CCM GP450 juga tergolong sangat menarik dan komplit. Sebut saja dia menggunakan frame dan swing arm aluminium dengan bobot yang ringan, sehingga bobot total motor ini cuma 125 kg saja. Enteng banget kan? Kemudian CCM GP450 dilengkapi dengan suspensi upside down 47 mm di bagian depan, suspensi belakang mono shock dengan linkage system, rem buatan Brembo, ban Dunlop Trailmax, dan tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter yang membuat rider bisa menggeber motor ini lebih dari 400 km dalam satu kali pengisian bahan bakar.

Fitur lain yang nggak kalah menarik adalah adanya panniers box dalam paket pembelian, hard luggage dan soft luggage, tools kit, spot light di bagian depan (optional), on board kamera dengan kualitas HD (optional), pilihan jok yang lebih tinggi (optional), dan gear ratio yang berbeda dengan standarnya. Asli deh motor ini punya spesifikasi yang mentereng, bobot enteng, dan fitur yang seabrek. Pasti enak banget buat melakukan perjalanan adventure jarak jauh hingga melewati medan-medan off road. Kalau bro ngebet dengan CCM GP450, mungkin bisa memesannya lewat importir umum karena belum ada distributor resmi CCM di Indonesia. Risikonya tentu harga mahal dan mencari spare parts sangat sulit.

Advertisements