Wuiiih… Motor Trail 150 cc Honda Sudah Mulai Masuk Fase Trial!

Tanggal 9 Maret 2017 lalu Adventuriderz.com menulis artikel yang menyebutkan bahwa motor trail 150 cc dari Honda untuk market Indonesia bakal menjalani fase trial pada bulan April 2017. Belakangan Kang Iwan Banaran dalam artikelnya mengatakan motor trail 150 cc dari Honda dengan kode project K84A justru sudah memasuki masa trial. Artinya, fase trial lebih cepat daripada bocoran semula. Dan perlu diingat, motor trail 150 cc dari Honda bukan hanya sekedar wacana, tapi benar-benar bakal direalisasikan. Apalagi saat test ride CRF250RALLY di Bukit Jaddih beberapa waktu yang lalu perwakilan Astra Honda Motor (AHM) menyebut Honda akan serius bermain di segmen motor trail!

Masih menurut Kang Iwan, project K84A yang kemungkinan nanti mengusung nama CRF150L diindikasikan sudah dalam bentuk utuh. Bukan lagi sekedar coretan desain di kertas atau di komputer. Unit uji coba (trial) itu sendiri lokasinya ada di Plant 2 AHM – Pegangsaan. Sayangnya memang belum bisa tergali seperti apa desain yang diusung oleh K84A. Tapi mengenai mesin, kemungkinan besar K84A menggunakan mesin yang identik dengan MegaPro FI. Dalam bocoran sebelumnya disebutkan bahwa CRF150L bakal mengandalkan mesin MegaPro FI dengan kruk as yang lebih besar untuk mendapatkan torsi lebih baik yang merupakan ciri khas motor trail. Kemudian motor ini kemungkinan besar sudah mengaplikasikan suspensi depan upside down dan velg aluminium dengan ring 18-21 inch.

Nah, Adventuriderz.com berharap K84A mengusung desain ala CRF150F atau CRF230F yang diberi sentuhan modern. Kombinasi desain ala CRF150F dan mesin MegaPro FI rasanya sudah lebih dari cukup untuk menggempur dominasi Kawasaki KLX150 di segmen motor trail. Jangan sampai deh desainnya kayak XR150L (Filipina) atau NXR 160 Bros (Brazil). Asli desain kayak gitu jelek banget. Nggak masuk ke selera konsumen motor trail di Indonesia. Kalau mau mengalahkan Kawasaki KLX150, desain CRF150L nanti ya mesti benar-benar mewakilin gen CRF yang agresif! Oh ya, fase trial K84A membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan, sehingga motor ini kemungkinan baru nongol pada semester kedua 2017. Sabar dulu ya bro!

Advertisements