10 Poin Bocoran Mengenai Motor Trail 150 cc Lokal dari Honda

Astra Honda Motor (AHM) memang terindikasi sangat kuat sedang mempersiapkan motor trail baru dengan kapasitas mesin 150 cc. Yups… Seperti diungkapkan oleh Pak Willy (Sales Supervisor AHM Wilayah Jawa Timur) dalam informal press conference kepada blogger saat test ride CRF250RALLY di Bukit Jaddih beberapa waktu yang lalu bahwa AHM bakal serius bermain di segmen motor trail. Pak Willy sebenarnya nggak menyebut secara spesifik AHM akan terjun di segmen motor trail 150 cc. Tapi indikasi ke arah sana memang sangat kuat.

Masih menurut Pak Willy kala itu, di segmen motor trail saat ini AHM baru punya CRF250RALLY yang didatangkan secara CBU dari Thailand. Motor itu dijual dengan harga sekitar Rp 63 jutaan on the road. AHM sangat sadar CRF250RALLY nggak bisa dijual dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, AHM memang nggak mengejar volume penjualan CRF250RALLY. AHM punya tujuan lain nih bro, yaitu memanfaatkan CRF250RALLY sebagai produk perkenalan di segmen motor trail, karena setelah CRF250RALLY bakal ada produk lanjutan yang bisa menjadi volume maker!

“CRF250RALLY ini produk untuk memperkenalkan (segmen trail). AHM itu belum pernah main ke segmen trail atau adventure. Waktu itu (Februari 2017) kita launching CRF250RALLY dan CRF1000L Africa Twin. Jadi itu kita pakai semacam penggerak utama untuk mengeluarkan produk-produk kita, untuk menjukkan kita bakal serius juga nih. Di segmen ini (trail) kita bakal serius! Dan mungkin setelah CRF250RALLY bakal keluar lagi beberapa produk tambahan yang nggak kalah menarik,” ungkap Pak Willy saat itu.

Indikasi AHM mempersiapkan motor trail 150 cc semakin kuat dengan adanya sejumlah bocoran yang belakang ini lumayan deras alirannya. Mulai dari bocoran kode project, mesin yang bakal dipakai, suspensi, velg, nama produk, dan lain-lain, perlahan namun pasti mulai nongol ke permukaan. Memang betul, kita nggak bisa meyakini bocoran-bocoran yang ada itu 100 persen tepat. Tapi paling nggak udah ada gambaran yang semakin nyata. Berikut Adventuriderz.com jabarkan 10 poin mengenai bocoran apa saja yang nongol terkait dengan calon motor trail 150 cc dari AHM:

  1. Dibangun dengan kode project K84A
  2. Diproduksi secara lokal di Indonesia
  3. Menggunakan basis mesin MegaPro FI dengan kruk as lebih besar agar torsi melimpah
  4. Menggunakan suspensi depan model upside down
  5. Ada opsi velg terbuat dari bahan besi dan aluminium lengkap dengan ban dual purpose ring 18-21 inch
  6. Garis desain ada kemiripan dengan CRF150 yang sudah ada di pasar global
  7. Mengusung nama CRF150L
  8. Masuk kategori motor trail dual sport (street legal)
  9. Sudah masuk fase trial per Maret 2017 di Plant 2 AHM – Pegangsaan
  10. Dirilis semester kedua 2017

Apakah bocoran-bocoran itu benar? Untuk membuktikannya tentu kita harus menunggu, setidaknya sampai dengan semester kedua 2017. Nggak lama lagi kok bro. Asumsi fase trial (uji coba) dilakukan selama 3-4 bulan, maka bukan mustahil produk sudah dirilis dalam waktu 6 bulan ke depan. Semoga saja motor trail 150 cc lokal buatan AHM beneran nongol dan bisa menjadi kado indah buat para penggemar motor trail sebelum tahun 2017 berakhir. Paling nggak biar Kawasaki KLX150 ada saingannya. Biar Kawasaki berbenah, nggak cuma mengandalkan mesin jadul tanpa pernah di-update sama sekali.

Oh ya, foto di page ini adalah wujud CRF150F ya, bukan CRF150L yang bakal dijual oleh AHM. Itu cuma buat ilustrasi aja. Jangan tanya wujud aslinya seperti apa, karena sekarang project K84A pasti sedang dikekepin secara ketat sama AHM. Apalagi AHM dikenal sebagai pabrikan yang sangat ketat dan rapat dalam menyimpan produk baru. Kalau sampai bocor, jelas si pembocor bakal jadi buronan AHM. Jadi sabar dulu deh sebelum wujud CRF150L terlihat nyata. Okeeee??

Advertisements