CCM Berencana Bikin Motor Dual Sport Baru Bermesin 600 cc

Beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com sudah pernah membahas mengenai brand motor asal Inggris, Clews Competition Machine (CCM) Motorcycles, yang punya motor dual sport/adventure CCM GP450 series. Belakangan justru tersiar kabar yang menyebutkan bahwa CCM sudah mengambil ancang-ancang untuk menghentikan produksi CCM GP450 series. Alasannya cukup logis… Soalnya di Eropa sudah beralih dari standar emisi Euro 3 ke Euro 4, sedangkan CCM GP450 tidak mampu memenuhi standar emisi yang baru ini. Maklum lah bro, mesin CCM GP450 itu udah lumayan tua lantaran mewarisi mesin dari BMW G450X yang sudah disuntik mati sejak beberapa tahun lalu. Tapi sebagai gantinya, CCM bakal membangun motor dual sport/adventure baru dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Seperti dilansir oleh ADV Pulse, CCM dikabarkan sedang mempersiapkan motor dual sport atau adventure dengan nama CCM GP600 Adventure. Dari namanya saja cukup terlihat kalau CCM GP600 menggunakan mesin berkapasitas 600 cc. Asyiknya, mesin sebesar itu masih menggunakan satu silinder. Dan bro mau tahu siapa yang membuat mesin CCM GP600 Adventure? Ternyata mesinnya dibuat oleh Speedy Working Motorcycles (SWM) yang sebelumnya dirancang dan dikembangkan oleh Husqvarna saat berada di bawah naungan BMW. Sejumlah motor sudah menggunakan mesin yang sama, termasuk SWM Superdual dan AJP PR7. Artinya, mesin 600 cc satu silinder eks Husky ini benar-benar dipakai keroyokan!

Secara bobot, mesin 600 cc satu silinder yang bakal dipasang pada CCM GP600 Adventure memang lebih berat ketimbang mesin CCM GP450. Bobot mesin 600 cc itu tembus 10 kg, tapi pastinya mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang jauh lebih besar. Ditambah lagi mesin 600 cc sudah mengaplikasikan transmisi 6-percepatan, bukan 5-percepatan seperti pada CCM GP450. Nantinya mesin tersebut dipasang pada frame yang mirip dengan milik CCM GP450, suspensi sama, dan ukuran ban yang sama 18-21 inch. Bedanya, frame akan terbuat dari bahan carbon fiber, bukan lagi dari aluminium yang memungkinkan bobot total motor terpangkas cukup signifikan. Bahkan CCM mengklaim bahwa CCM GP600 Adventure akan menjadi motor adventure paling ringan dan paling canggih di muka bumi.

Sebagai gambaran saja, CCM GP600 Adventure rencananya bisa mengeluarkan tenaga sebesar 55,7 HP dan torsi 58 Nm. Transmisi 6-percepatan membuat motor ini nyaman dipakai di jalan raya dalam kecepatan tinggi, sekaligus ganas ketika dipakai di medan off road. Untuk sistem pendingin, CCM mempercayakan kepada sistem pendingin radiator, sementara sistem pembakaran sudah menggunakan injeksi Mikuni D45, dan kopling digerakkan dengan sistem hidrolik. CCM mengatakan perlu waktu sampai dengan 18 bulan ke depan untuk mengembangkan CCM GP600 Adventure sampai dengan selesai. Jadi kemungkinan besar CCM GP600 Adventure baru bisa diluncurkan pada tahun 2018 untuk model year 2019.

Advertisements