Penjualan Motor Off Road Kawasaki KLX140G Juga Kenceng!



Nggak bisa dipungkiri nih bro… Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat ini sangat bergantung pada penjualan motor trail Kawasaki KLX150 series. Itu bisa dilihat dari data penjualan Kawasaki di Indonesia yang begitu didominasi KLX150 series. Bahkan angkanya bisa mencapai 80 persen dari total penjualan Kawasaki. Tingginya penjualan KLX150 yang bisa tembus 6.000-7.000 unit per bulan memang nggak terlalu mengejutkan, karena dari kalangan brand Jepang, Kawasaki bermain sendirian di segmen motor trail entry level ini.

Nah, varian motor trail entry level yang disediakan oleh Kawasaki memang cukup lengkap. Ada KLX150G, KLX150 BF, KLX150 BF SE, KLX150 BF SE Yellow, dan motor trail khusus off road KLX140G atau nama lainnya New KLX. Kalau KLX150 series kita sih udah melihat sendiri gimana larisnya motor ini. Bahkan di setiap event off road adventure pasti dibanjiri oleh motor buatan Geng Ijo. Di jalan raya perkotaan KLX150 juga cukup banyak terlihat. Tapi bagaimana dengan KLX140G yang dirancang khusus buat off road?



Beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com ngopi-ngopi santai bareng Asisten Manajer Marketing PT Surapita Unitrans (main dealer Kawasaki wilayah Jatim, NTT, & Ambon) Pak James Alexander. Dari obrolan santai itu tergali kalau penjualan KLX140G di wilayah Jatim rupanya juga cukup kenceng, seolah nggak mau kalah dengan KLX150 series. Pak Alex nggak menyebut berapa angka penjualannya sih… Cuma untuk sebarannya, KLX140G laris-manis di wilayah-wilayah yang sering menyelenggarakan event off road seperti Malang, Kediri, Blitar, hingga Tulungagung.

KLX140G sendiri sudah diluncurkan sejak pertengahan tahun 2016 lalu. Sebagai motor yang dirancang untuk off road, KLX140G punya bobot yang super ringan, hanya 99 kg, lengkap dengan swing arm aluminium, gas spontan, ban off road tulen ring 18-21 inch, suspensi yang lebih oke, karburator skep (bukan vakum), hingga rasio gear yang besar membuat tarikannya jauh lebih nampol ketimbang KLX150 series. KLX140G nggak dilengkapi dengan lampu-lampu tapi sudah dilengkapi dengan electric starter, minus kick starter. Jadi benar-benar dirancang buat off road. Motor ini sebenarnya dibandrol dengan harga yang lumayan mahal Rp 37 jutaan di Surabaya. Kalau KLX140G bisa laris-manis, itu sih karena kejelian Kawasaki dalam memasuki segmen yang masih kosong atau minim kompetitor. Gimana bro, ada yang udah pernah coba KLX140G alias New KLX ini?

Advertisements