• Home »
  • Review »
  • Review Helm Off Road KYT Cross Over Net Plus Goggles Snail MX36

Review Helm Off Road KYT Cross Over Net Plus Goggles Snail MX36

Helm KYT Cross Over Net sebenarnya sudah Adventuriderz.com dapatkan sejak akhir Desember 2016 lalu. Tapi sayangnya helm ini jarang banget dipakai, bahkan malah nggak pernah dipakai. Ketika diajak PT Surapita Unitrans (Kawasaki Jatim) mengikuti event Xventure Ride Kawasaki Versys-X 250 dari Surabaya ke Bali Adventuriderz.com masih tetap setia menggunakan helm dual sport lawas Snail MX311, meskipun PT Surapita Unitrans juga memberikan complimentary helm dual sport MDS Super Pro. Imbasnya ulasan review mengenai helm KYT Cross Over Net masih belum bisa ditulis. Pada kesempatan awal, Adventuriderz.com cuma menulis artikel “Unboxing: Helm Off Road Murah-Meriah KYT Cross Over Net“.

KYT Cross Over Net kemudian baru dipakai pertama kali saat Adventuriderz.com diundang test ride Honda CRF250RALLY di Bukit Jaddih oleh PT Mitra Pinasthika Mulia (Honda Jatim) pada 19 Maret 2017 lalu. Untuk kedua kalinya KYT Cross Over Net dipakai lagi waktu diajak Puja Sakti Motor (Kawasaki Tulungagung) touring dengan Kawasaki Versys-X 250 ke Pantai Gemah pada 26 Maret 2017. Dari dua kesempatan menggunakan KYT Cross Over Net itu paling nggak udah mulai tergali bagaimana impresi menggunakan helm ini. Dalam dua kesempatan itu pula Adventuriderz.com memadukan helm KYT Cross Over Net dengan goggles Snail MX36. Berikut opini Adventuriderz.com setelah menggunakan helm KYT Cross Over Net dan goggles Snail MX36:

  • Built quality KYT Cross Over Net tergolong lumayan, meskipun nggak bisa dibilang bagus. Ada beberapa bagian pengecatan yang kurang rapi, shell tipis, dan padding yang juga tipis.
  • Menariknya, saat dipakai KYT Cross Over Net justru terasa nyaman. Malah lebih nyaman ketimbang helm dual sport Snail MX311 yang sering Adventuriderz.com gunakan. Menggunakan kacamata sekalipun nggak masalah sama sekali, nggak terasa sakit atau ada tekanan pada bagian kepala yang tersentuh frame kacamata. Ini jelas surprise!!
  • KYT Cross Over Net dipakai on road sampai dengan kecepatan 100 km/jam tidak ada kendala yang berarti. Belum coba di atas 100 km/jam.
  • Ventilasi yang ada pada KYT Cross Over Net sudah bisa memberikan asupan udara yang cukup buat rider.
  • Bobot KYT Cross Over Net lumayan berat, mencapai 1.500 gram. Tapi itu nggak terlalu mengganggu karena sudah biasa pakai helm entry level yang bobotnya berat.
  • KYT Cross Over Net sudah pakai sistem penguncian double D ring. Boleh dibilang sistem ini yang paling aman ketimbang sistem-sistem penguncian lainnya. Bahkan helm yang dipakai di ajang balap wajib hukumnya menggunakan sistem penguncian double D ring, walaupun pada praktiknya agak ribet mengunci atau melepasnya kalau belum terbiasa.
  • KYT Cross Over Net sudah lulus sertifikasi SNI dan DOT. Paling nggak standar minimal sudah terpenuhi.
  • Kabar baiknya, KYT Cross Over Net dijual di pasaran dengan harga yang murah untuk ukuran helm off road, cuma Rp 520.000 – Rp 580.000.
  • Untuk Snail MX36, goggles yang satu ini punya desain yang keren dan built quality bagus. Cocok banget dikombinasikan dengan KYT Cross Over Net, apalagi warnanya senada.
  • Visibilitas goggles Snail MX36 juta bagus banget kok.
  • Rider berkacama seperti Adventuriderz.com pasti awalnya ragu menggunakan helm off road plus goggles. Aneh aja udah pakai kacamata ditambah dengan goggles. Tapi setelah mencoba KYT Cross Over Net plus Snail MX36 malah bikin ketagihan. Kombinasi ini justru lebih nyaman buat rider berkacamata ketimbang helm dual sport (Snail MX311).
  • Harga goggles Snail MX36 ada di rentang Rp 215.000 – Rp 250.000.

Terus gimana kesimpulannya? Menurut Adventuriderz.com sih KYT Cross Over Net cukup value ya sebagai helm entry level. Cukup keluar duit nggak sampai Rp 600.000 udah bisa dapat helm off road yang lumayan. Walaupun bro juga mesti maklum, dengan harga semurah itu nggak bisa mendapatkan helm yang perfect, seperti bobot super ringan 1.000 gram, bahan carbon fiber, padding tebal dan nyaman, hingga built quality luar biasa bagus. Kalau bro butuh helm yang seperti itu, KYT juga udah ada KYT Strike Eagle yang harganya tembus Rp 3,5 jutaan. Merek-merek lain dari Eropa atau Jepang juga banyak yang harganya tembus di atas Rp 7 juta. Tapi untuk KYT Cross Over Net, kenyamanan dan built quality yang diberikan cukup setara dengan harga yang mesti dibayarkan. Nggak heran kalau KYT Cross Over Net banyak dipakai oleh para penunggang motor trail!

Galeri Foto Riding dengan KYT Cross Over Net Plus Snail MX36


Advertisements