Barang Langka: Ini Pilihan Motor Enduro Bermesin 300 cc 4-Stroke!


Dalam memproduksi motor enduro, biasanya pabrikan menyediakan opsi berbagai kapasitas mesin. Untuk motor enduro bermesin 2-stroke, umumnya yang tersedia adalah 125 cc, 150 cc, 200 cc, 250 cc, dan 300 cc. Sedangkan pada motor enduro bermesin 4-stroke, lazimnya mereka menyediakan kapasitas mesin 250 cc, 350 cc, 450 cc, dan 500 cc. Tapi ada juga nih bro pabrikan yang nyeleneh dengan menyediakan motor enduro bermesin 300 cc 4-stroke. Disebut nyeleneh, namun faktanya memang ada kok. Dan menariknya nggak cuma satu pabrikan yang memproduksi motor enduro 4-stroke yang kapasitas mesinnya nggak umum seperti itu. Kebanyakan memang dari brand Eropa sih… Apa saja motornya??

Sherco 300 SEF-R

Ini dia salah satu motor enduro 4-stroke dengan kapasitas mesin nggak umum, Sherco 300 SEF-R. Saat pabrikan lain seperti KTM dan Husky menyediakan motor enduro 250/350/450/500 4-stroke, pabrikan asal Perancis justru mengambil langkah aneh dengan memproduksi 250/300/450 4-stroke. Keanehan jelas terjadi pada Sherco 300 SEF-R karena gapnya dengan Sherco 250 SEF-R terlalu kecil, sementara gap dengan Sherco 450 SEF-R jadi sangat longgar. Namun nyatanya diferensiasi yang dilakukan Sherco justru berbuah manis, Sherco 300 SEF-R cukup diminati oleh para penggemar enduro, dan yang nggak kalah penting motor ini berhasil menjadi juara EnduroGP World Championship 2016 melalui pembalap Matthew Phillips.

Kalau ngomongin soal spesifikasi sih Sherco 300 SEF-R tergolong jempolan dan terbukti nggak kalah kelas dibandingkan dengan mesin 450 cc di ajang balap enduro. Dia pakai mesin berkapasitas 303,68 cc, DOHC, 4-stroke, dan 4-valve. Mesin ini dikawinkan dengan sistem injeksi buatan Synerject, sistem pendingin radiator, dan knalpot standar buatan Akrapovic (factory edition). Itu belum termasuk suspensi depan WP XPLOR 48 mm dan suspensi belakang WP Progressive. Bobot total motor ini adalah 102 kilogram… Enteng banget kan??

SWM RS 300 R

Para pembaca Adventuriderz.com mungkin masih banyak yang asing dengan brand asal Italia, Speedy Working Motorcycles (SWM). Wajar karena SWM adalah pabrikan motor yang berdiri pada tahun 1971, tapi kemudian gulung tikar pada tahun 1984. Artinya eksistensi SWM hanya belasan tahun. Pada tahun 2014 SWM hidup kembali dengan backing-an dana dari perusahaan asal China, Shineray Group. Saat itu SWM membeli pabrik bekas Husqvarna (era BMW) yang ada di Italia. Teknologi mesin, desain motor, dan sejumlah paten milik Husky juga dibeli, termasuk karyawan-karyawan eks Husky ikut bergabung dengan SWM. Merek Husky sendiri secara resmi dibeli oleh KTM dan masih eksis sampai sekarang. So, gabungnya Husky ke KTM itu cukup unik. KTM cuma beli mereknya doang, sedangkan pabrik, mesin, dan sejumlah teknologi yang dimiliki oleh Husky dibeli oleh SWM.

Kembali membahas mengenai motor enduro 300 cc 4-stroke… SWM punya satu produk di kelas ini, yaitu SWM RS 300 R. Secara desain dan frame, SWM RS 300 R itu sangat identik dengan Husky TE 250 di masa lalu. Dari ujung depan sampai dengan ujung belakang masih sama persis. Kalau ada yang berbeda mungkin cuma terletak pada skema grafisnya saja. Bahkan SWM RS 300 R juga menggunakan suspensi depan-belakang buatan Kayaba, persis dengan Husky di masa lalu. Selain suspensi Kayaba, sejumlah part mentereng lain ikut terpasang pada SWM RS 300 R, seperti rantai buatan Regina, sistem injeksi Mikuni, dan ban Michelin.

Bagaimana dengan sektor mesin? Yups… SWM RS 300 R masih mengandalkan basis mesin Husky TE 250 yang dinaikkan kapasitasnya menjadi 297,6 cc. Walaupun tergolong mesin uzur, tapi mesin ini sudah menerapkan sejumlah teknologi canggih, mulai dari sistem DOHC 4-valve, sistem pembakaran injeksi, dan sistem pendingin dua buah radiator yang dilengkapi kipas. Electric starter juga terpasang dengan manis pada SWM RS 300 R, membuat rider lebih gampang menyalakan motor ketika blusukan di hutan. Nggak lelah-lelah lagi ngengkol ketika mesin mati. Satu hal yang nggak bisa dipungkiri dari mesin jadul milik SWM RS 300 R… Power-nya kurang greget! Apalagi kalau dibandingkan dengan mesin-mesin modern. Mesin 300 cc 4-stroke milik SWM RS 300 R cuma mampu mengeluarkan power sekitar 37,5 HP. Padahal mesin-mesin modern yang lebih kecil seperti KTM 250 EXC-F atau Husky FE 250 sudah tembus sekitar 42 HP. Kemudian bobot total motor yang berat, mencapai 111 kg. Sebenarnya masih bisa dimaklumi ya, karena SWM itu pabrikan kecil dengan budget R&D terbatas, dan dia nggak ngejar gelar juara di sejumlah kompetisi balap enduro. Namun tetap ada selling point yang cukup kuat pada SWM RS 300 R antara lain motor ini lulus homologasi Euro 3 dan Euro 4, harga lebih murah, dan bisa menjadi ajang nostalgia bagi para fans Husky jadul.

TM Racing EN 300 FI

Satu lagi pabrikan motor yang memproduksi motor enduro 300 cc 4-stroke. Dia adalah pabrikan asal Italia, TM Racing. Buat bro yang belum kenal TM Racing, bisa baca-baca dulu artikel “Kenalan dengan TM Racing, Pabrikan Motor Trail Asal Italia“. TM Racing ikut terjun perang ke kelas motor enduro 300 cc 4-stroke dengan mengandalkan TM EN 300 FI. Mungkin TM Racign adalah pabrikan motor trail asal Eropa yang berani tampil beda. Saat ini pabrikan-pabrikan lain seperti KTM, Husky, Sherco, Beta, hingga Gas Gas mengaplikasikan frame model twin tube dan umumnya terbuat dari bahan chromoly, TM EN 300 FI justru tampil dengan frame aluminium twin spar kayak motor-motor Jepang. Kesan Jepang semakin kuat dengan dipasangnya suspensi depan model upside down buatan Kayaba, sedangkan suspensi belakang mono shock dibuat sendiri oleh TM Racing.

Untuk mesinnya, TM EN 300 FI berkapasitas real 292,3 cc dengan mengaplikasikan teknologi DOHC 4-valve. Asyiknya valve mesin TM EN 300 FI terbuat dari bahan aluminium!! Sesuai dengan namanya, TM EN 300 FI sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Sistem pendingin pun sudah pakai radiator. Sayangnya, TM Racing nggak memberikan informasi sama sekali mengenai berapa besaran power dan torsi yang mampu dilontarkan oleh TM EN 300 FI. Bobot motor juga nggak ada pada website resmi mereka, sehingga nggak bisa kita bandingkan secara langsung spesifikasinya di atas kertas dengan Sherco 300 SEF-R dan SWM RS 300 R.

Terus motor mana yang beredar dan bisa dibeli di Indonesia mas? Sejauh ini sih cuma Sherco yang sudah punya distributor resmi di Indonesia. Kalau bro tertarik membeli Sherco 300 SEF-R mungkin bisa langsung kontak showroom Sherco yang sudah terseber di beberapa kota di Indonesia. Tapi untuk SWM dan TM Racing belum ada distributor resminya. Mungkin bisa kontak importir umum untuk mendatangkan produk yang bro inginkan ke Tanah Air. Umumnya ya harganya lumayan mahal. Atau malah ada bro sekalian yang tertarik menjadi distributor SWM dan TM? Peluang bisnis tuh! Hehehe…


Advertisements