Ini Tiga Motor Trail Baru yang Layak Dinantikan di Tahun 2017

Setiap tahun pasti ada saja motor-motor baru yang diluncurkan oleh pabrikan motor dunia, nggak terkecuali di segmen motor trial. Ntah itu motor trail dual sport, trail off road/enduro, maupun motocross. Dijamin pasti ada produk-produk baru yang biasanya merupakan pembaruan dari produk di tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja hal ini sangat dinantikan oleh para penggemar motor trail. Untuk tahun 2017 ini sudah ada beberapa motor trail baru yang bakal diluncurkan oleh pabrikan. Adventuriderz.com merangkum tiga motor trail baru yang cukup layak untuk dinantikan kehadirannya di Tanah Air. Apa saja mereka?

Honda CRF150L

Hembusan kabar mengenai kehadiran Honda CRF150L yang diproduksi secara lokal oleh Astra Honda Motor (AHM) memang sudah menyeruak sejak lama. Bahkan mungkin sejak dua tahun terakhir. Tapi kemungkinan besar CRF150L baru akan dikeluarkan pada semester kedua 2017. Sejumlah bocoran menyebut motor dengan kode project K84A ini sudah masuk fase trial (uji coba) di Plant 2 AHM yang ada di Pegangsaan. Bocoran lain menyebutkan bahwa CRF150L mengandalkan mesin MegaPro FI dengan kruk as lebih besar untuk mendapatkan torsi yang lebih optimal, suspensi depan upside down, ban ring 18-21 inch, dan velg aluminium. Dengan spesifikasi yang ada, bisa dipastikan CRF150L bisa menjadi pesaing serius Kawasaki KLX150 yang sekarang sangat mendominasi pasar. Kenapa kok CRF150L sangat layak dinantikan? Karena ini motor yang benar-benar baru dan bisa menjadi alternatif selain Kawasaki KLX150 yang sudah sejak lama tidak mendapatkan update di sektor mesin!

KTM 250 EXC TPI & KTM 300 EXC TPI

Tahun 2017 akan menjadi era baru bagi KTM di segmen motor enduro 2-stroke. Kenapa? Karena pabrikan asal Austria ini bakal meluncurkan KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018, motor enduro 2-stroke yang sudah menerapkan sistem pembakaran injeksi dengan nama Transfer Port Injection (TPI). Ini jelas menjadi terobosan besar bro… Soalnya belum ada pabrikan lain yang menggunakan sistem pembakaran injeksi pada motor enduro 2-stroke. Keunggulan motor enduro 2-stroke menggunakan sistem TPI nggak cuma bikin konsumsi bahan bakar lebih hemat, tapi juga bikin emisi gas buang bersih sehingga comply dengan standar emisi Euro 4, pengguna nggak perlu repot melakukan premix bensin dengan oli saat pengisian bahan bakar, dan nggak perlu repot menarik tuas choke saat menghidupkan motor di pagi hari. KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018 bakal diluncurkan resmi secara global di hadapan media-media internasional pada 15 Mei 2017. Kemungkinan besar KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI masuk ke Indonesia pada semester kedua 2017.

Husky TE 250i & Husky TE 300i

Husqvarna baru saja memberikan konfirmasi resmi bahwa mereka juga akan mengikuti langkah KTM dengan mengeluarkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi. Dua produk yang dikeluarkan oleh Husky nanti adalah Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018. Sebenarnya nggak mengherankan kalau Husky mengikuti langkah KTM. Sebab kedua brand itu bernaung dalam satu group. Development produk keduanya dilakukan secara bersama-sama sehingga dipastikan menggunakan teknologi yang sama. Peluncuran Husky TE 250i dan Husky TE 300i secara global dilakukan pada 30 Mei 2017 atau berselang dua minggu setelah peluncuran KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. Sama seperti dua produk KTM, Husky TE 250i dan Husky TE 300i diprediksi sudah tersedia di Indonesia menjelang akhir tahun 2017.

Advertisements