Mugen E.REX – Motor Trail Bertampang Sangar Tanpa Suara & Emisi



Salah satu pabrikan motor listrik di dunia, Mugen, sepertinya nggak mau berhenti melakukan inovasi nih bro… Sebelumnya Mugen yang berkolaborasi dengan Shinden sukses menyabet gelar juara Isle of Man TT di kelas Zero Challenge dengan motor sport listrik buatannya. Kali ini Mugen kembali mengeluarkan motor listrik baru… Bukan dalam wujud motor sport, melainkan dalam wujud motor trail yang diberi nama Mugen E.REX! Prototipe Mugen E.REX sendiri sudah dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017 beberapa waktu yang lalu. Seperti apa wujudnya??

Bro bisa lihat sendiri foto di atas bagaimana penampilan dari Mugen E.REX, begitu sangar, begitu gahar, dan seperti kembali ke masa lalu. Maklum bro, dalam mendesain E.REX, Mugen memang terinspirasi dari sosok dinosaurus terkuat di jamannya, yaitu T-Rex. Itu bisa dilihat dari bagian bodywork dan frame yang mirip seperti tulang-belulang T-Rex. Apalagi mesin dan bagian jok juga dicat dengan warna yang seirama, membuat secara keseluruhan E.REX tampil sangat angker!

Mungkin bro masih belum banyak yang tahu, Mugen adalah perusahaan yang dimiliki oleh Hiro Honda, anak dari pendiri Honda Motor Corp, Soichiro Honda. Makanya jangan heran kalau pada produk buatan Mugen, termasuk E.REX, banyak menggunakan komponen-komponen yang kerap dipakai oleh Honda. Contohnya suspensi depan model upside down buatan Showa, suspensi belakang mono shock buatan Show dengan Pro-Link khas Honda, rem buatan Nissin, frame twin spar yang banyak dipakai pada dirt bike Honda, dan mesinnya pun ada tulisan Honda. Toh selama ini Mugen juga sudah sering menguji teknologi-teknologi baru pada motor yang akhirnya diaplikasikan pada motor-motor buatan Honda. Jadi boleh dibilang E.REX merupakan hasil kolaborasi antara Mugen dan Honda di segmen motor trail listrik…



Apakah Mugen E.REX bakal sukses ketika dipasarkan nanti? Ya namanya juga teknologi dan inovasi, sah-sah saja untuk dikembangkan hingga diproduksi secara massal. Di pasaran bisa dipastikan kalau Mugen E.REX bakal berkompetisi langsung dengan Alta Motors Redshift MX, Zero FX, dan KTM Freeride E-XC yang sama-sama motor listrik dalam wujud trail. Kalau melihat kondisi sekarang sih motor trail listrik masih belum begitu dilirik oleh konsumen walaupun motor trail listrik menawarkan torsi yang gede, tanpa suara, dan bebas emisi gas buang. Mereka kebanyakan masih demen dengan motor trail konvensional karena lebih praktis dalam pengisian bahan bakar, plus harganya lebih murah.

Advertisements