• Home »
  • Article »
  • Motor Enduro 2T Injeksi dari Husky Diyakini Punya Bobot Lebih Enteng!

Motor Enduro 2T Injeksi dari Husky Diyakini Punya Bobot Lebih Enteng!



Bro sekalian… KTM sudah mengumumkan secara resmi bakal merilis motor enduro 2-stroke (2T) dengan sistem pembakran injeksi pada pertengahan Mei 2017. Dua motor enduro 2T yang bisa dipastikan menggunakan sistem pembakaran injeksi adalah KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018. Langkah itu kemudian diikuti oleh Husqvarna yang juga memberikan pengumuman akan meluncurkan dua motor enduro 2T injeksi pada 30 Mei 2017 dengan nama Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018. Kalau dua brand ini saling berbagi teknologi memang nggak mengherankan. Soalnya KTM dan Husky masih satu group dengan kepemilikan mayoritas di tangan Stevan Pierer.

Well… Sekarang kita bahas Husky dulu deh… Kabar yang beredar menyebutkan bahwa Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018 yang udah pakai sistem pembakaran injeksi bakal punya bobot lebih enteng ketimbang Husky TE 250 dan Husky TE 300 model year 2017 yang masih pakai sistem pembakaran karburator. Artinya, motor enduro 2T semakin sulit dilawan dalam hal power-to-weight ratio kalau dibandingkan dengan motor enduro 4-stroke manapun! Memang apa saja yang bikin bobot Husky TE 250i dan Husky TE 300i lebih enteng??

Dari sejumlah informasi yang dihimpun Adventuriderz.com nih bro… Husky TE 250i dan Husky TE 300i menggunakan frame baru yang bobotnya cuma 8,8 kg atau lebih ringan 0,6 kg daripada frame motor model year 2017. Kemudian ada tiga komponen lain, termasuk sub-frame, yang memiliki kandungan carbon fiber sebanyak 30 persen, membuat komponen itu secara total hanya berbobot 1,4 kg alias memangkas bobot 1 kg ketimbang model sebelumnya. Cuma dari frame dan sub-frame aja Husky bisa saving bobot 1,6 kg. Bayangkan kalau Husky bisa saving  bobot lagi di komponen-komponen lain. Bisa dipastikan Husky TE 250i dan Husky TE 300i punya power-to-weight ratio yang lebih ngeri lagi!



Bocoran lainnya… Husky TE 250i dan Husky TE 300i masih tetap mengandalkan suspensi depan upside down WP XPLOR 48. Bedanya, suspensi ini sudah dikembangkan lebih lanjut oleh WP biar lebih nyaman dipakai untuk enduro. Nggak lupa suspensi WP XPLOR 48 udah dilengkapi dengan fitur fully adjustable, baik itu untuk mengatur pre-load, compression, maupun rebound. Menariknya, pengaturan dibuat semudah mungkin menggunakan sistem clickers. Pokoknya rider nggak perlu repot-repot menggunakan tools khusus kalau hanya mau setup suspensi.

Kemudian suspensi belakang menggunakan mono shock WP DCC yang berukuran ringkas dan berbobot ringan yang dipadu dengan sistem linkage khas Husky agar motor bisa mendapatkan traksi maksimal sekaligus memberikan redaman suspensi yang bagus kepada rider. Bahkan suspensi belakang WP DCC yang nantinya dipasang pada Husky TE 250i dan Husky TE 300i hanya berbobot 3,7 kg atau lebih ringan 0,36 kg dibandingkan dengan model sebelumnya. Lagi-lagi saving bobot berhasil dilakukan walaupun sedikit. Kecil-kecil kalau dikumpulkan beberapa komponen kan saving-nya juga lumayan. Tinggal lihat nanti deh, apakah Husky TE 250i dan Husky TE 300i tetap punya power beringas meskipun pakai sistem pembakaran injeksi dan comply dengan regulasi emisi Euro 4. Tunggu sampai peluncuran resmi pada akhir Mei 2017 ya!

Advertisements