• Home »
  • Article »
  • KTM 300 EXC TPI Tampil Mengesankan di Race 1 – King of The Hill 2017

KTM 300 EXC TPI Tampil Mengesankan di Race 1 – King of The Hill 2017



Bro sekalian… Kemarin kita udah membahas megenai spy shot KTM 300 EXC TPI, sebuah motor enduro 2-stroke yang pakai sistem pembakaran injeksi, mengikuti ajang kompetisi extreme enduro King of The Hill di Romania. Bisa jadi itu adalah langkah uji coba yang dilakukan KTM dengan menerjutkan versi prototipe motor enduro 2-stroke injeksi dalam kompetisi sesungguhnya sebelum diluncurkan secara resmi pada pertengahan Mei 2017 nanti. KTM 300 EXC TPI versi prototipe dalam kompetisi King of The Hill 2017 digunakan oleh Lars Enockl. Sebelumnya Lars Enockl juga melakukan pengetesan KTM 300 EXC TPI pada saat ikut kompetisi Roof of Africa 2016. Terus gimana hasil yang didapatkan oleh Lars Enockl dan KTM 300 EXC TPI di King of The Hill 2017?

FYI aja nih bro… King of The Hill 2017 digelar selama tiga hari, sejak Jumat (7/4/2017) sampai dengan Minggu (9/4/2017). Pada hari pertama boleh dibilang cuma babak kualifikasi untuk mencari posisi start. Race sesungguhnya baru dimulai kemarin (Sabtu) dan hari ini (Minggu). Pada race pertama kemarin, Lars Enockl bersama dengan KTM 300 EXC TPI tampil sangat impresif. Dia berhasil menempati posisi kedua, hanya kalah dari rider Sherco asal Afrika Selatan, Wade Young. Dengan hasil pada bagus pada race pertama itu berarti Lars Enockl dan KTM 300 EXC TPI juga mampu bertengger di urutan kedua klasemen sementara.



Apakah hasil yang didapatkan oleh Lars Enockl itu bisa menggambarkan kalau motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi kompetitif? Bisa jadi bro… Sepertinya nggak ada masalah sama sekali dalam peralihan dari sistem pembakaran karburator ke sistem injeksi. Performa KTM 300 EXC TPI tetap nampol dan amat sangat bisa bersaing dengan motor-motor enduro 2-stroke lain yang masih pakai sistem pembakaran karburator. Nggak ada masalah dari segi performa, tapi justru KTM 300 EXC TPI dan juga KTM 250 EXC TPI mendapatkan tambahan benefit di antaranya lebih hemat bahan bakar, rider nggak perlu melakukan premix oli dan bensin ketika pengisian bahan bakar, lebih gampang menghidupkan motor di pagi hari tanpa perlu menekan tuas choke, dan yang paling penting motor ini jadi lebih clean sehingga comply dengan regulasi emisi Euro 4!

Last… Rencananya KTM akan meluncurkan motor enduro 2-stroke injeksi KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI sebagai model year 2018 pada 15 Mei 2017. Kemungkinan besar KTM juga bakal merilis KTM 250 XC-W TPI dan KTM 300 XC-W TPI yang lebih difokuskan untuk market di Amerika Serikat. Langkah dari KTM itu kemudian juga disusul oleh Husqvarna yang masih masuk ke dalam anggota KTM Group. Pada 30 Mei 2017 Husky bakal meluncurkan motor enduro 2-stroke Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018 yang juga menggunakan teknologi fuel injection yang identik dengan milik KTM. Kesimpulannya, untuk sementara waktu motor enduro 2-stroke KTM dan Husky lolos dari terkaman regulasi Euro 4 dengan mengandalkan teknologi injeksi bernama TPI. KTM tinggal memikirkan bagaimana motor-motor itu kembali lolos Euro 5 yang diterapkan mulai tahun 2020 mendatang.

Advertisements