Pasang Rim Lock di Motor Trail, Cukup Satu atau Perlu Dua??

Rim lock atau kita biasa sebut dengan nama stopper ban adalah perangkat yang wajib ada pada motor trail, terutama untuk motor trail yang dipakai bermain off road. Dengan dipasangi rim lock, ban dalam, ban luar, dan velg motor trial bisa terus bergerak seirama dalam kondisi ban mengempis atau sengaja dikempiskan agar mendapatkan traksi lebih baik di medan off road yang sulit. Hasilnya, ban dalam dan pentil ban tidak mengalami kerusakan meskipun dalam kondisi tekanan angin berkurang maupun habis sama sekali (ban bocor). Mengenai penjelasan lebih lanjut mengenai rim lock, bro bisa baca pada artikel “Rim Lock, Perangkat Kecil yang Sangat Berguna Saat Adventure“.

Menyadari betapa pentinginya rim lock, sejumlah pabrikan sudah melengkapi rim lock secara standar pada motor trail buatannya. Tapi biasanya rim lock yang dipasang oleh pabrikan hanya ada satu pada masing-masing ban, sedangkan penggemar off road dengan motor trail biasanya menggunakan dua buah rim lock sekaligus pada masing-masing ban. Jadi sebenarnya yang betul itu pasang satu rim lock atau pasang dua rim lock pada masing-masing ban mas??

Setahu Adventuriderz.com sih nggak ada aturan yang baku mengenai jumlah rim lock yang dipasang pada masing-masing ban motor trail. Pasang satu buah rim lock cukup, paling nggak udah cukup melindungi pentil ban dari kerusakan… Pasang dua buah rim lock tentunya lebih baik. Ada pula yang berpendapat cukup pasang satu rim lock di roda depan, sedangkan roda belakang butuh dua rim lock karena beban lebih berat ada pada roda belakang. Kalau pasang satu buah rim lock, pemasangannya bersebelahan dengan pentil ban. Jaraknya kurang lebih 10 cm dari pentil ban. Tapi kalau mau pasang dua buah rim lock, satu dipasang bersebelahan dengan pentil ban berjarak 10 cm, sementara yang satunya lagi dipasang bersebarangan dengan pentil ban. Lebih gampangnya bisa bro lihat dalam gambar di bawah ini!

So, mau pasang satu atau dua rim lock? Itu tergantung dari kebutuhan dan budget aja. Misal satu buah dirasa cukup ya satu aja, tapi kalau perlu dua buah ya nggak masalah, terutama pada ban belakang yang memang bebannya lebih berat. Di pasaran, harga rim lock sangat bervariasi, mulai dari Rp 80.000 sampai dengan Rp 250.000 sepasang (depan-belakang). Perlu diketahui juga, pasang dua rim lock berarti ketika membuka/memasang ban lebih sulit. Tukang tambal ban tambah demen ngomel-ngomel misal terjadi kebocoran pada ban motor kita. Bongkar pasang ban motor trail tanpa rim lock aja udah nyiksa, apalagi pasang rim lock sampai dua buah per ban… Semoga berguna!


Advertisements