• Home »
  • Article »
  • Potensi KTM 300 EXC TPI di Ajang Kompetisi Hard Enduro Mulai Terlihat

Potensi KTM 300 EXC TPI di Ajang Kompetisi Hard Enduro Mulai Terlihat

Bro sekalian… Seperti Adventuriderz.com tulis di artikel sebelumnya bahwa KTM secara diam-diam menerjunkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi, KTM 300 EXC TPI model year 2018, pada ajang balap hard enduro King of The Hill 2017 yang digelar di Romania selama tiga hari, mulai 7-9 April 2017. Rider yang beruntung menjadi penunggang KTM 300 EXC TPI itu adalah Lars Enockl. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Lars Enockl nunggang KTM 300 EXC TPI di kompetisi resmi. Pada akhir 2016 lalu dia juga menggunakan motor prototipe KTM 300 EXC TPI pada ajang kompetisi Roof of Africa 2016. KTM sengaja menerjunkan secara langsung motor enduro 2-stroke injeksi untuk melihat bagaimana potensinya saat terjun di kompetisi yang sesungguhnya sebelum diluncurkan secara resmi pada 15 Mei 2017 mendatang. Terus gimana hasilnya?

Sejauh ini sepertinya sih KTM 300 EXC TPI terlihat sangat kompetitif bro… Motor ini nggak kalah kelas dibandingkan dengan KTM 300 EXC model year 2017 yang masih pakai sistem pembakaran karburator. Bisa bro lihat sendiri, pada kompetisi King of The Hill 2017 kemarin Lars Enockl dengan KTM 300 EXC TPI selalu tampil impresif. Pada sesi prologue hari Jumat, dia malah berhasil menjadi yang tercepat. Bahkan Lars Enockl lebih cepat 14 detik dibandingkan dengan rider-rider top lain seperti Travis Teasdale (KTM), Mario Roman (Sherco), dan Wade Young (Sherco). Pada sesi race 1 hari Sabtu, Lars Enockl kembali membawa KTM 300 EXC TPI tampil dengan sangat apik. Dia berhasil finish di urutan kedua, hanya kalah dari Wade Young. Kemudian pada race 2 hari Minggu lagi-lagi dia sukses finish di posisi kedua di belakang Wade Young. Hasilnya, secara keseluruhan Lars Enockl dan KTM 300 EXC TPI berhasil menjadi juara kedua King of The Hill 2017!!

Dari prestasi yang dicatatkan oleh Lars Enockl di King of The Hill 2017 kemarin sebenarnya bisa dilihat kalau KTM 300 EXC TPI tetap menjadi monster yang mengerikan di ajang balap hard enduro. Penggunaan sistem pembakaran injeksi pada motor enduro 2-stroke nggak berpengaruh terhadap performa KTM 300 EXC TPI. Malah mungkin performanya lebih brutal lagi… Saat KTM 300 EXC TPI belum resmi diluncurkan, Lars Enockl menjadi salah satu rider yang beruntung mencicipi sekaligus menjadi test rider motor itu ketimbang rider-rider KTM yang lain. Tapi setelah motor resmi diluncurkan nanti, bisa dipastikan rider-rider top hard enduro KTM bakal pakai motor baru ini semuanya. Mulai dari Alfredo Gomez, Jonny Walker, Travis Teasdale, hingga Andreas Lettenbichler semuanya pakai KTM 300 EXC TPI.

Oh ya… Secara fisik nggak ada perbedaan yang signifikan antara KTM 300 EXC TPI model year 2017 yang dipakai oleh Lars Enockl dengan KTM 300 EXC model year 2017. Dari sisi desain, model baru terlihat masih sama dengan model lawas. Motor terbaru juga masih mengandalkan frame model twin-tube dari bahan chromoly khas KTM. Kemudian suspensi depan upside down open cartridge WP XPLOR 48 juga masih terpasang dengan manis pada KTM 300 EXC TPI. Artinya, perubahan yang dilakukan oleh KTM memang nggak radikal, kecuali pada sistem pembakarannya. Masih belum bisa dipastikan apakah KTM ikut memangkas bobot motor ini atau tidak. Biasanya sih iya, KTM selalu memberikan motor yang lebih ringan dari tahun ke tahun…

Last… Rencananya KTM akan meluncurkan beberapa varian motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi, antara lain KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI. TPI sendiri merupakan singkatan dari Transfer Port Injection, sebuah teknologi sistem pembakaran injeksi yang dipakai oleh KTM pada mesin 2-stroke. Tujuan utama penggunaan sistem injeksi adalah agar deretan motor enduro 2-stroke KTM comply dengan regulasi emisi yang sekarang semakin ketat  – Euro 4. Pengaplikasian sistem pembakaran injeksi juga bikin konsumsi bahan bakar jadi jauh lebih irit, pengguna tidak perlu repot melakukan premix oli dan bensin ketika mengisi BBM, dan mesin bisa dihidupkan dengan mudah pada pagi hari tanpa perlu menekan tuas choke, tapi dari sisi performa dan karakter tidak berbeda dengan sistem pembakaran karburator. Jooossss… Tunggu aja kehadiran KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI dalam peluncuran resmi pada pertengahan Mei 2017 nanti ya bro!

Advertisements