Tips Bikin Motor Dual Sport Lebih Nyaman Buat Adventure Jarak Jauh

Hola bro… Kemarin Adventuriderz.com udah bahas mengenai tiga langkah awal yang mesti dilakukan sebelum terjun ke dunia dual sport adventure. Sedikit kita singgung lagi, yang sangat perlu dilakukan adalah memilih motor dual sport yang cocok. Walaupun nggak cukup banyak, di Indonesia ada lah beberapa varian motor dual sport, contohnya KTM 690 Enduro R, Kawasaki KLX150 series, Kawasaki KLX250S, Yamaha WR250R, Honda CRF250RALLY, Viar Cross X 200 GT, Viar Cross X 200 ES, serta ada beberapa lagi lainnya bikinan Gazgas, Happy, dan lain-lain. Intinya motor dual sport itu mesti bisa dipakai di dua alam yang berbeda (on road – off road), sehingga motor wajib bersifat street legal, yang artinya punya kelengkapan jalan raya dan ada surat-suratnya.

Nah, kebanyakan motor dual sport itu memiliki karakter yang mirip seperti motor enduro dan motocross. Bentuknya jangkung, langsing, pakai ban ring 18-21 inch, ground clearance tinggi, dan travel suspension panjang. Karakteristik ini memberikan keuntungan bagi motor dual sport, yaitu fleksibel ketika dipakai di medan off road walaupun dari sisi performa ya nggak sesuperior motor enduro/off road tulen. Sayangnya karakter yang mirip seperti motor enduro dan motocross itu juga memberikan kelemahan bagi motor dual sport. Apa lagi kalau bukan joknya yang tipis, sempit, dan atos, bikin nggak nyaman ketika melakukan dual sport adventure, terutama jika menempuh jarak yang jauh. Dijamin bokong bakal cepet banget lelah!

Tapi tenang aja bro… Jok motor dual sport yang bikin cepet lelah bokong jangan menjadi hambatan melakukan kegiatan dual sport adventure. Ada beberapa tips dan trick mudah agar jok motor dual sport lebih nyaman ketika dipakai untuk adventure jarak jauh. Pertama, bisa membawanya ke tukang jok, menambah atau mengganti busa dengan yang lebih kenyal dan lebih lebar. Cara kedua, mengganti jok dengan yang lebih nyaman seperti Sargent Seats dan sejenisnya. Konsekuensinya sih cuma motor-motor dual sport yang dijual secara global aja yang ada dibuatkan joknya oleh Sargent Seats, seperti KTM 690 Enduro R, Kawasaki KLX250S, Yamaha WR250R, dan mungkin nanti juga ada buat Honda CRF250RALLY.

Trick terakhir, bisa menggunakan bantalan jok (seat cushions) buatan Airhawk. Kayaknya sih paling praktis memang pakai seat cushions seperti ini bro… Kenapa? Karena nggak perlu ganti jok, jok asli masih tetap utuh nggak diubah-ubah, bisa diterapkan pada semua tipe motor dual sport, dan seat cushions bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Kalau perlu menggunakan seat cushions ya tinggal dipasang, kalau nggak perlu ya dilepas aja. Sayangnya seat cushions merek Airhawk belum dipasarkan di Indonesia. Kalau bro mau beli tetep bisa sih dengan memesan secara online dari Amerika Serikat. Harganya di sana sekitar US$ 100 atau kurang lebih Rp 1,3-1,4 jutaan lah, belum termasuk ongkos kirim dan biaya lain-lain. Misal nggak mau keluar duit segitu banyak, tinggal bikin sendiri custom. Pakai konsep ATPM… Amati, tiru, modifikasi! Gampang kan? Setidaknya jok motor dual sport jadi lebih bersahabat untuk perjalanan adventure jarak jauh. Semoga berguna!

Photo credit: minkyhead/advrider.com

Photo credit: minkyhead/advrider.com


Advertisements