BMW Luncurkan R 1200 GS xDrive Hybrid dengan Penggerak 2WD??

Jagat otomotif dunia, terutama segmen motor adventure, dihebohkan oleh rilis BMW Motorrad yang menyebutkan bahwa mereka bakal meluncurkan R 1200 GS xDrive Hybrid. Maksudnya gimana tuh mas? Jadi R 1200 GS xDrive Hybrid merupakan pengembangan lebih lanjut dari R 1200 GS yang ada sekarang, dimana R 1200 GS xDrive Hybrid menggunakan penggerak dua roda alias two wheels drive (2WD), sehingga roda depan dan belakang bisa bergerak secara simultan. Padahal biasanya kan sebuah motor cuma mempunyai sistem penggerak roda belakang saja.

Nah… Pada R 1200 GS xDrive Hybrid, roda belakang tetap digerakkan dengan mesin boxer 1.170 cc flat-twin berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 125 HP. Bagaimana dengan roda depan? Untuk roda depan ini BMW bakal mengandalkan motor listrik dengan sistem hibrid yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 45 HP. Artinya secara total kombinasi kedua mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 170 HP. BMW Motorrad mengklaim bahwa R 1200 GS xDrive Hybrid merupakan motor yang enak dipakai touring dan perjalanan jarak jauh serta memiliki kemampuan off road yang sangat baik.

Secara konsep apa yang ditawarkan oleh BMW Motorrad itu sangat bagus. Pabrikan asal Jerman yang bekerja sama dengan rumah modifikasi Wunderlich ini juga pernah menerapkan sistem 2WD pada R 1200 GS. Namun itu masih sebatas prototipe. Lalu, apakah R 1200 GS xDrive Hybrid benar-benar menjadi motor produksi massal pertama di dunia yang menerapkan sistem penggerak 2WD? Kayaknya bro jangan terlalu optimis dulu. Soalnya rilis resmi dari BWM Motorrad itu diindikasikan hanya sebagai lelucon April Fools. So, nikmati dulu aja R 1200 GS series yang ada sekarang yak!

Advertisements