Sam Sunderland Sukses Juarai Abu Dhabi Dessert Challenge 2017



Bro sekalian… Kompetisi balap rally FIM Cross Country Rally World Championship 2017 seri pertama yang digelar di Abu Dhabi atau yang biasa dikenal dengan nama Abu Dhabi Dessert Challenge 2017 sudah berlalu sekitar seminggu yang lalu. Balapan itu akhirnya dimenangkan oleh sang juara Rally Dakar 2017, yaitu Sam Sunderland dari Red Bull KTM Factory Racing Team. Posisi kedua diisi oleh Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Team), sedangkan di urutan ketiga ditempati oleh rekan satu tim Sam Sunderland di Red Bull KTM Factory Racing Team Matthias Walkner. Walaupun Abu Dhabi Dessert Challenge sudah berlalu, tapi ajang balap rally di Uni Emirate Arab ini masih menyimpan cerita, khususnya bagi Sam Sunderland. Memang seperti apa ceritanya?

Sam Sunderland merupakan pembalap asal Inggris. Namun dalam kesehariannya dia tinggal di Uni Emirate Arab. Sunderland pertama kali ikut balap Abu Dhabi Dessert Challenge pada tahun 2011. Saat itu dia belum membela factory team, melainkan masih masuk ke dalam tim privater KTM Dubai Dealer Team. Penampilan Sunderland dalam beberap stage kala itu cukup memikat factory team, sebelum akhirnya dia mengalami kendala mekanis pada motor.



Performa yang memikat dan kencangnya Sunderland dalam mengendarai motor rally pada penampilan perdananya di Abu Dhabi Dessert Challenge 2011 membuat dia dikontrak oleh Honda Rally Team. Pada tahun 2014 Sunderland kemudian pindah tim lagi dan bergabung dengan Red Bull KTM Factory Racing Team sampai dengan hari ini. Sunderland boleh aja ikutan Abu Dhabi Dessert Challenge hampir setiap tahun. Dia juga selalu konsisten dan sangat kencang. Namun pada tahun-tahun sebelumnya, Sunderland lebih sering tidak bisa menyelesaikan keseluruhan stage atau hanya mendapatkan gelar juara kedua. Gelar juara akhirnya bisa diraih pada tahun 2017 ini bro!

“Tentunya sangat menyenangkan bisa menang di Abu Dhabi, tempat di mana aku memulai balap rally, dan aku juga tinggal di Dubai, aku memutuskan ini (Abu Dhabi Dessert Challenge) adalah balap kandang bagiku. Pada banyak waktu sebelumnya gelar juara selalu dekat kepadaku, tapi kemenangan itu selalu gagal kuraih,” kata Sunderland.

Last… Nggak salah kalau Sunderland menyebut Abu Dhabi Dessert Challenge sebagai balapan kandang. Apalagi dia sehari-hari tinggal di Dubai. Toh Abu Dhabi dan Dubai adalah dua kota besar yang ada di dalam negara Uni Emirate Arab. Kemenangan Sunderland di Abu Dhabi Dessert Challenge sekaligus melengkapi gelar juara Dakar 2017 yang baru saja dia raih. FIM Cross Country Rally World Championship 2017 seri kedua rencananya digelar di Qatar. Nama lainnya adalah Qatar Cross Country Rally 2017 yang dihelat pada 17-22 April 2017. Sunderland sendiri senang jika pada akhir musim nanti bisa menjuarai FIM Cross Country Rally World Championship 2017. Namun target sesungguhnya buat Sunderland adalah bisa kembali menjuarai Dakar 2018. Good luck Sam!

Advertisements