KTM 690 Enduro R Jadi Favorit Para Petualang Dunia, Kenapa Ya?



Para penggemar moto adventure pasti nggak asing lagi dengan motor KTM 690 Enduro R. Iya kan? Maklum, di luar sana KTM 690 Enduro R menjadi salah satu motor favorit bagi para penjelajah dunia. Nggak terhitung berapa banyak petualang yang menggunakan KTM 690 Enduro R, yang jelas banyak banget. Ntah itu masih dalam kondisi standar seperti wujud KTM 690 Enduro R asli atau udah dimodifikasi wujudnya jadi KTM 690 Rally. Apalagi kalau bro sering main-main ke forum seperti Advrider.com, banyak yang pakai! Kira-kira apa ya alasan petualang cukup banyak yang pilih KTM 690 Enduro R?

Jujur aja Adventuriderz.com belum pernah coba motor yang satu ini. Paling mentok cuma melototin bentuknya secara langsung. Secara penampilan, KTM 690 Enduro R memang oke banget. Desainnya khas motor trail dual sport yang tinggi dan ramping lengkap dengan ban ring 18-21 inch. Tapi perlu diingat, jantung pacu motor ini berkapasitas 690 cc, satu silinder, 4-stroke, dan berpendingin cairan. Kurang lebih mesinnya mirip-mirip dengan KTM 690 Duke karena mereka basisnya sama. Mesin KTM 690 Enduro R punya sejumlah fitur seperti menggunakan Engine Management System (EMS) buatan Keihin, udah pakai sistem Ride-by-Wire (RBW), pakai dua busi, ada fitur slipper clutch, dan kopling hidrolik. Mengenai power nggak disebutkan secara jelas oleh KTM, tapi diprediksi powernya sekitar 68-74 HP.



Terus kenapa KTM 690 Enduro R bisa jadi favorit petualang dunia? IMHO karena bentuknya yang ringkas khas motor dual sport, namun dia punya mesin besar yang powernya cukup oke. Hasilnya, KTM 690 Enduro R masih cukup agile ketika dipakai di medan off road. Bahkan medan off road yang lumayan berat pun nggak masalah dilalui oleh KTM 690 Enduro. Soalnya KTM 690 Enduro R punya bobot yang ringan, cuma 140 kg. Motor ini pun masih jauh lebih ringan ketimbang Honda CRF250RALLY yang bobotnya tembus 155 kg dengan mesin under power. Nah, di sisi lain KTM 690 Enduro masih bisa digeber kecepatan tinggi di highway. Ya mungkin inilah salah satu motor trail dual sport produksi massal yang bisa dipacu hingga kecepatan lebih dari 160 km/jam. Artinya nggak lelet buat perjalanan jarak jauh, bobot enteng, dan oke banget buat melintasi medan off road. Komplit sesuai yang dibutuhkan oleh para petualang. Paling yang agak-agak jengkelin, KTM 690 Enduro R ini sensitif banget, nggak bisa dikasih BBM yang kotoran dikit aja. Nekat ngisi BBM eceran di pinggir jalan atau ngisi BBM dengan RON di bawah 95, berpotensi bikin fuel pump KTM 690 Enduro R jebol. Udah banyak banget yang ngeluh kayak gini. Padahal namanya adventure kadang nggak bisa selalu dapat BBM berkualitas bagus.

Di Indonesia KTM 690 Enduro R juga dijual resmi kok bro… Tentu yang jual KTM Indonesia di bawah naungan PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) yang memang fokus jualan dirt bike dan big bike KTM. Karena mesinnya udah di atas 500 cc (walaupun cuma satu silinder), maka KTM 690 Enduro R kena PPN BM 125 persen yang bikin harganya melambung gila. Kalau nggak salah motor ini dijual dengan harga Rp 319 juta on the road. Padahal di luar sana KTM 690 Enduro R harganya cuma US$ 10.799 atau setara dengan Rp 143 jutaan. Bedanya lumayan nampol memang. Kalau dipikir-pikir pun duit Rp 300 jutaan bisa dapat big bike Jepang empat silinder. Bener nggak? Hehehe…

Oh ya, selain KTM 690 Enduro R ada juga pilihan lain seperti Husky 701 Enduro. Kedua motor itu basis mesin dan framenya sama kok bro… Husky 701 Enduro juga udah dijual resmi di Indonesia dan sama-sama dijual di showroom KTM-Husqvarna Indonesia. Cuma dari informasi terbaru Husky 701 Enduro belum bisa dibeli on the road. Jadi jangan heran kalau harga Husky 701 Enduro lebih murah, hanya Rp 204 juta off the road. Semoga aja Husky segera mendaftarkan uji tipe Husky 701 Enduro biar motor ini juga bisa street legal seperti KTM 690 Enduro R. Kalau udah street legal harganya berapa? Kemungkinan ya sama dengan KTM 690 Enduro, di angka Rp 319 jutaan on the road.

Advertisements