Penjualan Motor Kawasaki Ada Tren Kenaikan Meskipun Tipis

Membahas mengenai data penjualan motor dari para anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada bulan Maret 2017, nggak bisa dipungkiri kalau Honda masih belum bisa didongkel dari puncak. Bahkan bagi pabrikan-pabrikan lain untuk mendekati Honda pun amat sangat sulit karena selisihnya terlalu jauh. Posisi kedua seperti biasa diisi oleh Yamaha, diikuti oleh Kawasaki, Suzuki, dan posisi paling buncit TVS.

Sekarang kita bahas dulu tentang penjualan Geng Ijo Kawasaki deh… Kawasaki pada bulan Maret 2017 berhasil mendistribusikan sebanyak 8.601 unit motor. Angka itu jauh banget kalau dibandingkan dengan posisi kedua yang diisi Yamaha. Apalagi kalau dibandingkan dengan Honda, nggak ada apa-apanya. Wajar sih soalnya Kawasaki kebanyakan menjual produk-produk yang segmented dan kurang populer dibandingkan dengan Honda dan Yamaha. Apalagi produk-produk yang dijual oleh Kawasaki memiliki bandrol harga yang lumayan tinggi, mostly di atas Rp 30 juta. Jadi dari situ aja udah bisa dilihat Kawasaki sulit menjual produk dalam volume banyak.

Meskipun demikian, kalau melihat data selama 6 bulan terakhir, ada kecenderungan penjualan motor Kawasaki di Indonesia mengalami peningkatan. Misalnya aja Oktober 2016 jual 7.500 unit, November 2016 naik jadi 8.104 unit, Desember 2016 turun ke titik terendah sebanyak 6.262 unit, dan kemudian terus menanjak dari Januari sampai dengan Maret 2017. Memang peningkatannya nggak banyak, malah sangat tipis, cuma hitungan ratusan unit. Tapi mau bagaimanapun itu tetap bisa dibilang peningkatan. Iya nggak bro? Hehehe… Masih belum diketahui secara jelas varian motor apa yang membuat penjualan Kawasaki ada dalam tren yang bagus. Apakah itu dari segmen trail KLX150, apakah dari Ninja 250 yang tetap strong walaupun digempur kanan-kiri, atau dari varian baru Versys-X 250? Untuk Maret 2017, belum ada data distribusi masing-masing varian motor. Satu hal yang pasti, pada Februari 2017 lalu Versys-X 250 memberikan kontribusi yang cukup signifikan dengan jumlah distribusi lebih dari 400 unit.

Sayangnya, market share Kawasaki yang berada di urutan ketiga kemungkinan besar bakal dilibas oleh Suzuki nih bro… Di bulan Maret 2017 aja dua pabrikan ini boleh dikatakan berimbang. Kawasaki mendistribusikan 8.601 unit motor, sedangkan Suzuki sukses mendistribusikan 8.600 unit motor. Cuma selisih 1 unit doang. Yups, di saat Kawasaki mengalami tren kenaikan distribusi motor yang sangat tipis, tren kenaikan yang dialami oleh Suzuki jauh lebih agresif. Suzuki terlihat sukses dengan peluncuran duo GSX mereka (GSX-R150 & GSX-S150). Bukan mustahil distribusi motor pada bulan April 2017 nanti Suzuki berhasil merebut posisi Kawasaki di urutan ketiga.

Advertisements