• Home »
  • Article »
  • Edaaaan… Chris Birch Ikut Red Bull Romaniacs dengan KTM 1090 Adventure R!

Edaaaan… Chris Birch Ikut Red Bull Romaniacs dengan KTM 1090 Adventure R!

Bro sekalian… Hal yang cukup gila akan dilakukan oleh Chris Birch. Dia berencana mengikuti kompetisi hard enduro paling kejam di dunia, Red Bull Romaniacs 2017, menggunakan motor KTM 1090 Adventure R. Kenapa kok bisa dibilang gila? Karena kompetisi Red Bull Romaniacs sangat menyiksa motor berikut ridernya. Kebanyakan yang bisa finish di Red Bull Romaniacs adalah rider yang nunggang motor enduro 250/300 cc 2-stroke. Untuk motor enduro 450/500 cc 4-stroke, jangankan bisa juara, sanggup menyentuh garis finish aja udah syukur alhamdulillah. Tapi ini Chris Birch bakal terjun dengan moge KTM 1090 Adventure R yang bobotnya tembus lebih dari 200 kg!

Kalau ngomongin soal Chris Birch, kiprahnya di kompetisi hard enduro nggak bisa diragukan lagi. Dia malah pernah menjuarai Red Bull Romaniacs gold class beberapa tahun yang lalu. Tapi dulu dia pakai motor KTM 300 EXC. Setelah pensiun dari dunia hard enduro, Chris Birch lebih banyak meluangkan waktunya dengan KTM Adventure yang punya kapasitas mesin di atas 1.000 cc. Tentu saja dia memainkan KTM 1090 Adventure R, KTM 1190 Adventure R, maupun KTM 1290 Super Adventure R di medan off road yang sulit seperti ketika menggunakan motor enduro. Dan bro jangan lupa, Chris Birch sekarang udah didaulat sebagai brand ambassador KTM Adventure.

Saat terjun di Red Bull Romaniacs 2017 dengan KTM 1090 Adventure R nanti, Chris Birch memang nggak masuk ke gold class, melainkan dia turun di iron class. Rencananya dia akan mengendarai motor KTM 1090 Adventure R dari markas KTM di Mattighofen, Austria, menuju tempat berlangsungnya Red Bull Romaniacs di Sibiu, Romania. Rider American Baja Quinn Cody juga bakal bergabung dengan Chris Birch. Mereka riding bersama-sama dari Mattighofen ke Sibiu menggunakan KTM 1090 Adventure R, kemudian menggeber motor itu di track bejat khas Red Bull Romaniacs.

Menariknya, kegilaan yang dilakukan oleh Chris Birch diikuti oleh bekas rivalnya di kompetisi hard enduro masa lalu, Gerhard Foster. Bedanya Foster akan menggunakan motor enduro super jumbo yang dibangun oleh Touratech dari basis mesin boxer milik BMW R NineT. Nama motor ini adalah BMW HP2. Bedanya lagi, Foster mengirim BMW HP2 dari markas Touratech ke Sibiu menggunakan truck. Baru nanti sampai di Sibiu motor itu digeber dalam kompetisi Red Bull Romaniacs. Kita liat aja deh gimana kiprah dua rider veteran hard enduro itu menggunakan moge di Red Bull Romaniacs pada 25-29 Juli 2017!

Advertisements