• Home »
  • Article »
  • Honda CRF150L Sudah Masuk Fase Trial Produksi, Rilis Pasca Lebaran??

Honda CRF150L Sudah Masuk Fase Trial Produksi, Rilis Pasca Lebaran??



Ada update informasi nih buat bro sekalian yang udah nungguin motor trail 150 cc buatan Astra Honda Motor (AHM). Dari informasi yang Adventuriderz.com kutip dari blognya Om Taufik TMCblog, ada hembusan kabar yang menyebutkan bahwa Honda K84A sudah masuk ke dalam fase trial (uji coba) produksi. Yups, bro nggak salah dengar… AHM mulai merakit part demi part calon pesaing Kawaskai KLX150 ini menjadi sebuah motor yang utuh. Tapi ini masih pada tahap trial produksi ya, belum masuk ke dalam tahap produksi massal. Terus kapan produksi massalnya?

Sudah cukup lazim terjadi biasanya produksi massal sebuah produk dilakukan antara 4-6 bulan setelah menjalani fase trial produksi. Artinya sih kemungkinan Honda K84A mulai diproduksi secara massal pasca Lebaran nanti atau pada semester kedua 2017. Mungkin ada pertanyaan lagi dari bro, terus kapan diluncurkannya mas? Kalau masalah yang satu ini sangat sulit ditebak bro… Kadang pabrikan merilis atau memperkenalkan sebuah produk baru jauh sebelum produksi massal dimulai sehingga konsumen indent cukup lama untuk mendapatkan produk (berkaca pada CBR250RR), tapi nggak jarang juga sebuah produk diluncurkan setelah diproduksi massal, contohnya deretan skutik-skutik Honda. Mungkin bro bisa pantau di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 mulai akhir bulan ini sampai dengan bulan depan, siapa tahu AHM memberi kejutan dengan memperkenalkan Honda K8A untuk pertama kalinya kepada publik. Tapi kalau di IIMS 2017 nggak nongol ya ditunggu aja waktu Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 pada pertengahan tahun atau malah rilis setelah Lebaran bertepatan dengan fase produksi massal.



Kabar lain yang mungkin bisa bro tampung dulu, Honda K84A yang sudah menjalani fase trial produksi konon katanya menggunakan suspensi depan model upside down. Jika informasi ini benar, maka Honda K84A akan head-to-head dengan Kawasaki KLX150 BF! Oh ya, masih belum tergali dengan jelas apakah AHM bakal menyediakan Honda K84A dengan varian suspensi depan teleskopik seperti halnya Kawasaki KLX150G atau tidak. Adventuriderz.com sih berharap ada Honda K84A dengan suspensi teleskopik sebagai varian terendah, sedangkan Honda K84A yang pakai suspensi upside down, velg aluminium, dan ban ring 18-21 inch diposisikan sebagai varian high end.

Mengacu pada bocoran sebelumnya, Honda K84A menggunakan basis mesin MegaPro FI. Tentunya saja nggak serta-merta mesin MegaPro FI dipasang langsung pada Honda K84A. Sejumlah ubahan jelas dilakukan oleh AHM agar karakter mesin MegaPro FI cocok pada sebuah motor trail, salah satunya adalah dengan memasang kruk as lebih besar agar torsinya lebih nonjok khas motor trail. Perbedaan gear ratio dan mapping ECU sepertinya juga mutlak diperlukan. Kemudian garis desain katanya nggak jauh-jauh dari CRF150F/CRF150R yang ada di pasar global saat ini, dan bisa dipastikan Honda K84A menggunakan rem cakram depan-belakang, nggak seperti CRF150F yang masih pakai rem tromol di bagian belakang. Oke deh bro, silakan ditampung dulu info-info yang udah disebutkan tadi. Mudah-mudahan nggak meleset dari prediksi, motor yang digadang-gadang mengusung nama CRF150L ini sudah bisa kita nikmati pada semester kedua 2017 nanti. Jadi paling nggak Kawasaki KLX150 mendapakan lawan yang cukup serius!

Advertisements