Sunderland Jadi Pembalap Tercepat di Sealine Rally 2017 di Qatar

Bro sekalian… FIM Cross Country Rally World Championship 2017 telah melewati seri yang kedua. Kalau seri pertama digelar di Abu Dhabi dengan nama Abu Dhabi Dessert Challenge, maka seri kedua berlangsung di Qatar dengan sebutan Sealine Rally. Tentu saja pembalap-pembalap rally dari berbagai pabrikan saling berlomba untuk menjadi yang tercepat pada setiap seri. Tujuannya sangat jelas, agar mereka bisa mengumpulkan poin semaksimal mungkin sehingga di akhir musim mengantongi gelar juara FIM Cross Country Rally World Championship 2017!

Nah… Penampilan pembalap Red Bull KTM Factory Racing Team Sam Sunderland pada tahun 2017 ini boleh dibilang sangat gemilang. Sunderland pernah bilang kalau menjadi juara FIM Cross Country Rally World Championship bukanlah tujuan utama. Tujuan utama dari pembalap asal Inggris yang sehari-hari tinggal di Dubai ini adalah menjadi juara Rally Dakar. Namun jika akhirnya dia menjadi juara FIM Cross Country Rally World Championship 2017 pastinya sangat bagus.

Pada tahun 2017 ini Sunderland telah berhasil menjadi juara Dakar. Meskipun demikian, pasca Dakar 2017 usai performa Sunderland nggak kendor sama sekali. Pada FIM Cross Country Rally World Championship 2017 seri pertama di Abu Dhabi dia berhasil menjadi juara (Baca: Sam Sunderland Sukses Juarai Abu Dhabi Dessert Challenge 2017). Performa gemilang Sunderland masih terus berlanjut ke FIM Cross Country Rally World Championship 2017 seri kedua yang berlangsung di Qatar. Lagi-lagi dia menjadi pembalap paling kencang dengan catatan waktu total 15 jam 50 menit 18 detik. Bagaimana dengan pembalap lainnya?

Pembalap-pembalap papan atas di ajang balap rally dunia memang sangat mendominasi Sealine Rally 2017 di Qatar. Sebut saja pembalap Monster Energy Honda Team Pualo Goncalves yang berada di urutan kedua dengan catatan waktu lebih lambat 7 menit 42 detik dari Sunderland. Kemudian di posisi ketiga diisi oleh rekan satu tim Sunderland KTM Matthias Walkner, disusul Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Team) keempat, Kevin Benavides (Monster Energy Honda Team) kelima, Pela Renet (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Team) keenam, dan Antoine Meo (Red Bull KTM Factory Racing Team) ketujuh. Posisi berikutnya lebih banyak diisi oleh para pembalap-pembalap dari tim privater.

Dengan mendapatkan juara di seri pertama Abu Dhabi dan seri kedua Qatar, maka Sunderland dengan nyaman menempati urutan pertama klasemen sementara dengan poin penuh. Ini jadi modal yang sangat bagus buat Sunderland untuk meraih gelar juara FIM Cross Country Rally World Championship 2017. Dan sepertinya pada seri-seri berikutnya kombinasi antara Sunderland dan KTM 450 Rally masih sangat sulit ditaklukkan. FIM Cross Country Rally World Championship 2017 seri ketiga rencananya akan digelar di Chile pada bulan Agustus 2017. Kita lihat apakah Sunderland masih bisa menjadi juara atau tidak!

Advertisements