Mengenal Fungsi Off Road Traction Contol Pada Motor KTM



Bro sekalian… Saat ini udah banyak banget motor street bike yang dilengkapi dengan fitur traction control. Umumnya memang motor dengan kapasitas besar. Secara umum traction control berfungsi agar ban belakang tidak terlalu banyak spin di aspal atau wheelie ketika seorang rider membetot gas. Maklum, motor dengan mesin besar memiliki power dan torsi yang juga tidak kecil, sehingga traction control bisa sangat membantu membuat motor jadi lebih aman dan nyaman.

Namun belakangan traction control nggak cuma dipasang pada motor-motor yang dipakai di jalan aspal. Fitur ini mulai merambah pada motor-motor adventure yang cukup sering dipakai di lintasan off road dan motor enduro tulen yang habitatnya berada di lintasan off road. Beberapa contoh motor adventure off road oriented yang menggunakan fitur traction control ini adalah KTM 1090 Adventure R dan KTM 1290 Super Adventure R. Sementara itu, motor enduro tulen yang pakai sistem traction control antara lain KTM 250/350/450/500 EXC-F Six Days dan Husky FE 250/350/450/500.

Nah, banyak yang berpendapat traction control pada motor off road itu justru nggak asyik karena ban motor nggak bisa spin, nggak bisa drifting… Ban motor dipaksa berputar secara anteng walaupun throttle dibuka sedalam-dalamnya. Padahal salah satu hal yang cukup menarik ketika bermain off road ya berbelok dengan cara drifting. Tapi tenang aja bro, KTM udah menciptakan teknologi bernama off road traction control. Sistem ini membuat ban motor tetap bisa spin dan bisa drifting dengan under control dari rider. Jadi bukan spin dan drifting yang liar. Keuntungan motor menggunakan off road traction control adalah bisa memiliki akselerasi yang lebih cepat tanpa mengorbankan unsur fun di medan off road. So, jangan under estimate dulu kalau melihat motor adventure dan motor enduro KTM menggunakan fitur off road traction control. Bro bisa melihat perbedaan motor yang menggunakan fitur off road traction control dan yang tidak pada video berikut:



Advertisements