• Home »
  • Article »
  • Terlanjur Beli Cross X 250 ES/SE Off Road? Bisa Diurus Surat-Suratnya!

Terlanjur Beli Cross X 250 ES/SE Off Road? Bisa Diurus Surat-Suratnya!

Viar Cross X 250 EC

Kabar yang amat sangat baik datang dari pabrikan motor lokal PT Triangle Motorindo selaku pemegang merek Viar Motor Indonesia. Kenapa? Karena dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi Viar akan mengeluarkan motor trail baru bernama Cross X 250 EC yang menggunakan frame model twin-tube ala KTM. Kabar burung menyebutkan bahwa Cross X 250 EC bakal keluar dalam dua varian, yaitu street legal dan non-street legal. Cross X 250 EC street legal bisa menjadi opsi bagi para konsumen yang ingin menggunakan motor ini di dua alam sekaligus, baik on road maupun off road, plus bisa dibeli secara kredit. Di sisi lain, Cross X 250 EC non-street legal bisa dipilih oleh konsumen yang mampu membelinya secara cash dan hanya dipakai di medan off road saja.

Selain berencana mengeluarkan Cross X 250 EC street legal dan non-street legal, motor trail Cross X 250 ES dengan frame twin spar yang selama ini dijual secara off the road (non-street legal) juga akan dijual secara on the road (street legal). Jadi bisa dikatakan semua lineup motor trail 250 cc Viar, ntah itu Cross X 250 EC maupun Cross X 250 ES, bisa dibeli secara off the road dan on the road. Terus gimana dengan konsumen yang udah terlanjur beli Cross X 250 ES atau Cross X 250 SE (model paling awal) secara off the road, apakah bisa dibikin surat-suratnya agar legal dipakai di jalan raya?

Viar Cross X 250 ES/SE

Tenang aja bro… Buat bro sekalian yang udah punya Cross X 250 SE dan Cross X 250 ES off the road (non-street legal) bisa diurus kok surat-suratnya. Bro bisa mengurus STNK, TNKB, dan BPKB Cross X 250 SE dan Cross X 250 ES lawas di dealer-dealer tempat di mana bro membeli motor tersebut. Tentunya bro mesti mengeluarkan kocek tambahan. Soalnya untuk mengeluarkan surat-surat itu perlu membayar Bea Balik Nama (BBN), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan mungkin juga biaya jasa kepada pihak dealer yang mengurus surat-surat Cross X 250 ES dan Cross X 250 SE off the road. So, pembeli anyar Cross X 250 ES dan Cross X 250 EC maupun pemilik Cross X 250 SE dan Cross X 250 ES lawas tetap bisa bahagia karena motor-motor mereka sekarang bisa legal dipakai di jalan raya, dengan syarat mau mengurus surat-suratnya.

Buat penggemar enduro atau off road adventure mungkin nggak begitu penting ada atau tidaknya surat-surat motor trail. Toh mereka biasanya meluncur ke lokasi adventure menggunakan mobil towing, baru kemudian di TKP mengendarai motor. Tapi beda cerita dengan penggemar motor dual sport dan supermoto, munculnya motor trail 250 cc Viar yang bisa on the road ini jadi kabar yang sangat bagus dan menarik. Pasalnya, penggemar motor dual sport mengombinasikan jalan aspal dan medan off road sekaligus dalam kegiatan adventure-nya, sedangkan penggemar supermoto lebih banyak nunggang motornya di jalan aspal. Motor yang legal dipakai di jalan raya (street legal) mutlak diperlukan buat para penggemar dual sport dan supermoto. Selain itu, adanya versi street legal juga jadi kabar baik buat calon konsumen Viar yang selama ini ngiler dengan motor trail 250 cc tapi nggak bisa membelinya secara kredit. Dengan adanya versi street legal, maka mereka sekarang bisa beli secara nyicil lewat perusahaan leasing. Tinggal nunggu pengumuman aja nih kapan Viar resmi merilis Cross X 250 EC. Kabar burung menyebutkan bahwa Cross X 250 EC street legal akan dijual dengan harga Rp 44 juta on the road. Harga off the road-nya belum ada info, kemungkinan di angka Rp 36 jutaan. Kita tunggu pengumuman resminya aja ya bro!

Viar Cross X 250 ES/SE

Advertisements