Bocoran Lagi… Bobot Cross X 250 EC Street Legal Tembus 126 Kg!!



Bro sekalian… Info mengenai motor trail baru dari Viar bernama Cross X 250 EC memang sedang hot-hotnya. Apalagi ada kabar yang menyebutkan bahwa Viar akan menjual Cross X 250 EC dalam dua varian sekaligus, yaitu versi street legal yang tentunya dilengkapi dengan berbagai kelengkapan jalan raya, surat-surat (STNK, TNKB, BPKB), dan bisa dibeli secara kredit serta versi non-street legal yang khusus dipakai untuk bermain off road dan belinya juga kudu cash. Bocoran yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com menyebutkan Cross X 250 EC street legal akan dijual dengan harga Rp 43-44 juta on the road, sedangkan Cross X 250 EC non-street legal pastinya lebih murah lagi dan berpeluang dijual di bawah Rp 40 juta off the road.

Mungkin bro sekalian banyak yang penasaran, dengan harga segitu, memang berapa sih bobot total Cross X 250 EC? Bukan rahasia lagi, pada motor trail salah satu hal yang nggak boleh diabaikan adalah bobot. Bobot semakin ringan tentu saja semakin bagus karena rider nggak terlalu tersiksa dalam mengendalikan motor di medan off road yang sulit. Sebelumnya ada informasi yang menyebutkan bahwa Cross X 250 EC bakal memiliki bobot lebih enteng dari Cross X 250 ES yang udah dijual lebih dahulu oleh Viar. Namun baru aja ada informasi bobot Cross X 250 EC street legal tembus 126 kg!!



Kalau udah begitu ada pertanyaan lagi… Kok bobot Cross X 250 EC street legal justru lebih berat daripada Cross X 250 ES yang cuma 120 kg?? Katanya sih bobot Cross X 250 EC street legal lebih berat karena mesti menggendong berbagai kelengkapan jalan raya seperti headlight, tail light, turn light, speedometer, mirror, rear fender yang sekaligus berfungsi sebagai plate holder, mata kucing, ada hand guard, dan berbagai kelengkapan lainnya. Masuk akal juga ya… Cuma Adventuriderz.com nggak begitu paham apakah kalau semua komponen itu dicopot bisa mengurangi bobot Cross X 250 EC sebesar 6 kg menjadi 120 kg seperti Cross X 250 ES atau tidak…

FYI aja nih bro… Perbedaan mendasar antara Cross X 250 EC dan Cross X 250 ES cuma terletak di bagian frame. Cross X 250 EC menggunakan frame model twin-tube seperti KTM, sedangkan Cross X 250 ES yang udah dijual lebih dulu menggunakan frame model twin spar. Mesin keduanya boleh dibilang identik, berupa mesin 249 cc satu silinder, SOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 25,5 HP di putaran mesin 9.000 rpm dan torsi maksimalnya tembus 23 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Jadi sebenarnya mau pilih Cross X 250 EC atau Cross X 250 ES itu cuma masalah selera aja. Keduanya pakai mesin sama, bobot mirip-mirip, dan cuma beda di bagian frame.

Advertisements