Empat Langkah Mudah Membersihkan Tangki Bahan Bakar Motor Trail


Meskipun bukan sebuah perawatan rutin, namun ternyata membersihkan tangki bahan bakar motor trail itu tetap diperlukan. Tangki motor trail yang terbuat dari bahan metal dalam jangka panjang sangat mungkin berkerak. Kemudian ada juga kondisi yang menyebabkan rider motor trail perlu menguras tangki bahan bakar. Misalnya aja waktu melakukan adventure dan kehabisan bensin, rider mengisi bahan bakar eceran yang belum tentu terjamin kebersihannya. Nggak jarang ada butiran debu atau kotoran pada botol bensin eceran. Itu juga perlu dibersihkan lho bro…

Nah, tangki bahan bakar yang kotor dan berkerak bisa menghambat sistem pembakaran pada motor trail. Pada motor bermesin 4-stroke dengan sistem pembakaran injeksi, bahan bakar yang kotor bisa menyumbat fuel injector atau bisa juga membuat fuel pump jebol. Lalu pada motor bermesin 2-stroke dan 4-stroke dengan sistem pembakaran karburator, kotornya bahan bakar di dalam tangki juga bisa berimbas pada kotornya karburator. Jelas kondisi ini bisa membuat motor trail nggak prima lagi bro. Apalagi kalau dibiarkan terus-menerus bukan mustahil membuat motor trail jadi rusak. Terus gimana cara membersihkan tangki motor trail yang udah kotor atau berkerak? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama tentu saja kita perlu melepaskan tangki bahan bakar motor trail. Agak sulit membersihkan tangki bahan bakar tanpa melepaskannya dari motor. Toh untuk melepas tangki bahan bakar ini nggak sulit kok, tinggal melepas beberapa baut yang melekatkan tangki dari body motor.
  2. Langkah yang kedua adalah mencuci tangki bahan bakar motor trail menggunakan bensin. Sebaiknya tidak mencuci tangki motor trail menggunakan air dan sabun, apalagi kalau tangki motor trail terbuat dari bahan metal. Itu justru bisa menimbulkan karat pada bagian dalam tangki. Mending pakai bensin aja. Tinggal tuang bensin yang bersih ke dalam tangki. Nggak usah banyak-banyak. Kemudian kocok-kocok tangki dengan kuat agar semua kotoran rontok. Ulangi hal itu dua sampai tiga kali dengan cara yang sama menggunakan bensin yang bersih.
  3. Meskipun bensin bisa menguap dengan sendirinya, tapi nggak ada salahnya kalau bro mengeringkan terlebih dahulu tangki motor trail dengan membiarkannya sejenak. Itu cuma untuk memastikan semua sisa-sisa bensin yang ada pada tangki menguap dengan sempurna. Jika perlu semprotkan udara ke dalam tangki motor trail menggunakan kompresor udara.
  4. Langkah berikutnya tinggal memasang kembali tangki yang udah bersih ke body motor trail. Sebaiknya sebelum memasang tangki, bersihkan juga baut-baut dan lubang baut yang dipakai merekatkan tangki ke motor. Setelah terpasang dengan baik, isi tangki dengan bensin yang bersih dan baru. Jangan diisi dengan bensin bekas mencuci tangki tadi.

Ada kalanya karat dan kerak pada tangki motor trail yang terbuat dari bahan metal sudah terlalu parah. Jika tangki metal yang udah berkarat ini sudah dicuci sebanyak tiga kali nggak bersih-bersih juga alias tetap kotor, mendingan bro ganti aja langsung tangki bensinnya. Tangki lama nggak perlu dipasang lagi. Takutnya kerak-kerak yang terus rontok justru merusak sistem pembakaran pada motor. Kayaknya memang lebih enak pakai tangki bahan bakar dari bahan plastik ya. Walaupun tetap perlu dibersihkan, tapi nggak sampai menimbulkan karat. Dan bobotnya pasti lebih enteng ketimbang tangki bahan bakar metal. Semoga berguna!


Advertisements