Pertengahan Mei 2017, KTM Luncurkan Motor Enduro 2-Stroke Injeksi!

Cuma mau ngingetin aja nih bro… Pada pertengahan bulan ini tepatnya 15 Mei 2017 nanti KTM akan meluncurkan lineup motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi (electronic fuel injection). Kemungkinan ada tiga model motor enduro 2-stroke yang menggunakan sistem pembakaran injeksi, yaitu KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI. TPI sendiri merupakan singkatan dari Transfer Port Protocol, sebuah sistem injeksi revolusioner yang diciptakan oleh KTM untuk mesin 2-stroke.

Berulang kali KTM mengatakan bahwa sistem pembakaran injeksi pada mesin 2-stroke nanti karakternya nggak akan jauh berbeda dibandingkan dengan sistem pembakaran karburator yang udah ada sebelumnya. Justru akan ada banyak keunggulan dengan penerapan sistem pembakaran injeksi, di antaranya motor lebih hemat bahan bakar, lebih bersih dan bersahabat terhadap lingkungan lantaran lolos regulasi emisi Euro 4, pengguna nggak perlu melakukan premix oli samping dan bensin ketika melakukan pengisian bahan bakar, dan pengguna nggak perlu menekan tuas choke ketika menghidupkan motor di pagi hari karena motor lebih mudah dihidupkan dengan menekan tombol starter.

Mengenai bagaimana teknologi TPI bekerja pada KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI, KTM baru akan menjelaskannya secara detail saat peluncuran di hadapan media-media global pada 15 Mei 2017 mendatang. Ya mau nggak mau KTM 250/300 EXC TPI merupakan hot item dan menjadi motor enduro yang sangat dinantikan pada tahun 2017 lantaran menggunakan teknologi yang cukup revolusioner. KTM sepertinya ingin membawa era baru pada motor enduro 2-stroke. Nggak cuma punya tenaga yang super beringas dengan bobot yang ringan, tapi juga punya emisi gas buang yang rendah dan comply dengan Euro 4.

Salah satu pertanyaan yang belum bisa dijawab, apakah KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI model year 2018 akan dijual di Indonesia? KTM sempat bilang kalau teknologi injeksi pada motor-motor itu membuat harganya melambung. Awalnya KTM hanya akan menjual KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI di negara-negara yang memang sudah menggunakan standar emisi Euro 4, sedangkan negara-negara yang masih menerapkan standar emisi di bawah Euro 4 tetap mendapatkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran karburator. Tapi bukan nggak mungkin Indonesia bisa kebagian KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 300 XC-W TPI. Semuanya tergantung dari permintaan KTM Indonesia aja mau order yang mana untuk market Indonesia. Kalau memang market menginginkan, kenapa nggak jual model karbu dan injeksi sekaligus? Iya nggak? Kita tunggu detailnya 15 Mei 2017 nanti deh bro!

Advertisements