• Home »
  • Article »
  • Dirilis Beberapa Hari Lagi, Seperti Ini Detail Gas Gas EC 250 Racing 2018!

Dirilis Beberapa Hari Lagi, Seperti Ini Detail Gas Gas EC 250 Racing 2018!

Bro sekalian… Bulan Mei 2017 sepertinya akan menjadi pesta bagi para penggemar motor enduro, khususnya motor enduro 2-stroke. Kenapa? Karena ada tiga pabrikan ternama di dunia yang akan mengeluarkan motor enduro 2-stroke terbaru. Mereka adalah KTM, Husky, dan Gas Gas. Walaupun disebutkan terakhir, namun Gas Gas bakal jadi pabrikan pertama yang merilis motor enduro 2-stroke terbaru mereka. Rencananya Gas Gas meluncurkan motor enduro 2-stroke bernama Gas Gas EC 250 Racing dan Gas Gas EC 300 Racing model year 2018 minggu depan atau hanya tinggal beberapa hari lagi.

Gas Gas memang sudah pernah memperkenalkan EC 250 Racing dan EC 300 Racing model year 2018 untuk pertama kalinya di EICMA 2016. Motor yang dilabeli “The Phoenix Project” itu memang memiliki perubahan yang sangat radikal kalau dibandingkan dengan EC 250/300 Racing edisi sebelumnya. Mulai dari dicangkokkannya frame baru, geometri yang sudah direvisi, mesin baru, dan sejumlah komponen dari vendor-vendor kenamaan dunia. Hal itu pula yang membuat Gas Gas cukup optimis EC 250/300 Racing model year 2018 bisa menarik minat para penggemar enduro yang selama ini lebih banyak menjagokan KTM, Husky, Sherco, atau Beta. Memang seperti apa sih detail dari EC 250 Racing dan EC 300 Racing model year 2018 yang akan diluncurkan beberapa hari lagi?

EC 250 Racing dan EC 300 Racing terbaru memang pernah dipamerkan di EICMA 2016. Namun detail motor itu secara utuh sebelum diproduksi massal ada pada unit yang dipakai oleh rider Gas Gas di EnduroGP World Championship dan Spanish National Championship, yaitu Jonathan Barragan. Rupanya ketika dipakai Barragan, motor itu cukup kompetitif. Terbukti dia mampu meraih podium di ajang balap EnduroGP seri Spanyol dan pernah mendapatkan juara di ajang Spanish National Championship. Setidaknya itu sudah memberikan indikasi bahwa Gas Gas on the track dan bisa kembali menjadi pabrikan papan atas di segmen enduro.

Mengenai EC 250/300 Racing model year 2018 yang dipakai oleh Barragan, motor itu dilengkapi dengan mesin baru yang berbeda dengan mesin EC 250/300 Racing modle lawas. Pembaruan terlihat pada bagian crankshaft, cylinder, cylinder head, radiator baru, pelumasan kopling yang lebih baik, dan menggunakan knalpot FMF Powercore 2.1. Pada bagian frame, Gas Gas memilih menggunakan frame model central backbone yang mirip kayak punya KTM/Husky/Sherco. Frame ini diklaim punya torsional stiffness yang lebih rendah dan distribusi beban lebih baik. Kemudian pada bagian sub-frame terbuat dari bahan dasar aluminium dengan bobot ringan tapi kuat. Geometri motor tak luput dari sentuhan agar motor punya radius putar dan handling yang baik. Sedangkan di bagian suspensi Gas Gas mempercayakan pada Kayaba, baik itu suspensi depan maupun belakang.

Oh ya… Desain frame yang benar-benar baru pada EC 250/300 Racing model year 2018 membuat motor ini berhasil diet. Motor model baru hanya berbobot 105 kg, jauh lebih ringan ketimbang model lawas. Titik lainnya yang mendapatkan ubahan antara lain swing arm, wishbone dan rocket system, tensioner rantai, filter udara yang lebih besar, menggunakan cakram rem dari NG Brake, tangki bahan bakar lebih ringkas, jok lebih sempit, silinder kopling dari Magura, dan menggunakan headlight LED. Secara penampilan sih oke banget bro EC 250/300 Racing model year 2018 ini!!

Nah, rencananya EC 250 Racing dan EC 300 Racing ditujukan oleh Gas Gas untuk market Eropa, sedangkan market Amerika Serikat mendapatkan XC 250 Racing dan XC 300 Racing. Bedanya nggak terlalu banyak, di mana EC series menggunakan lampu-lampu seperti headlight dan tail light, sementara XC (cross country) tanpa dilengkapi dengan lampu-lampu. Mengenai spesifikasi yang lebih detail, kita tunggu aja peluncuran EC 250 Racing dan EC 300 Racing model year 2018 minggu depan di Spanyol. Kita sih mantau dari sini aja ya bro… Hehehe…

Photo credit: Enduro21.com

Advertisements