• Home »
  • Article »
  • Mahalnya Harga Motor di Papua, KLX150 BF Tembus di Atas Rp 40 Juta!!

Mahalnya Harga Motor di Papua, KLX150 BF Tembus di Atas Rp 40 Juta!!



Baca artikel dari Mas Wahid Bakul Kangkung Jpr ternyata bikin melongo… Di sana Mas Wahid membeberkan daftar harga motor Kawasaki di Jayapura. Harganya benar-benar luar biasa mahal, bikin pusing kepala. Kalau dibandingkan dengan harga di Pulau Jawa jelas sangat banyak bedanya. Bahkan selisihnya bisa mencapai Rp 8-10 jutaan. Apa nggak gila tuh??

Misalnya aja motor trail varian terendah KLX150G yang di Pulau Jawa dijual dengan harga Rp 28-29 jutaan, di Jayapura tembus Rp 37,2 juta. Kemudian KLX150 BF di sana dibandrol pada angka Rp 39,1 juta, KLX150 BF Special Edition Rp 42 juta, dan yang paling mahal adalah KLX150 BF SE AMA Edition tembus di angka Rp 43 juta on the road. Sementara itu, model supermoto D-Tracker standar dibandrol dengan harga Rp 40,8 juta dan D-Tracker Special Edition harganya mencapai Rp 41,8 juta. Asli nggak ada yang murah sama sekali…

Kalau kata Mas Wahid sih harga motor di Jayapura segitu masih tergolong wajar karena sesuai dengan tingkat perekonomian di Jayapura. Wah, berarti penghasilan di Jayapura memang gede ya, walaupun pengeluarannya juga sangat signifikan. Duit Jawa nggak dapat apa-apa nih kalau dibawa ke Jayapura. Hehehe… Selain udah sesuai dengan tingkat perekonomian di Jayapura, mahalnya harga motor di sana lantaran ongkos kirimnya yang nggak sedikit. Kebanyakan motor kan diproduksi di Pulau Jawa. Untuk mengirimnya ke Jayapura biasanya lewat laut dengan biaya mahal dan waktunya nggak sebentar. Bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Mungkin perlu strategi khusus dari pemerintah biar ongkos kirim barang ke pulau-pulau di Indonesia Timur jadi lebih terjangkau. Bayangin aja bro, di kota besar seperti Jayapura aja mahalnya segitu, apalagi kalau masuk ke wilayah yang lebih dalam seperti Wamena atau wilayah pelosok lainnya? Iya nggak? Monggo deh pantengin nih daftar harga motor Kawasaki di Jayapura!



Advertisements