• Home »
  • Article »
  • Pabrikan India – Hero – Dirumorkan Akan Beli Ducati dari Volkswagen

Pabrikan India – Hero – Dirumorkan Akan Beli Ducati dari Volkswagen

Skandal emisi mesin diesel yang melanda Volkswagen membuat group otomotif asal Jerman itu perlu melakukan efisiensi. Maklum, akibat skandal emisi mesin diesel Volkswagen didenda dengan angka yang sangat besar. Untuk mendapatkan dana tambahan agar cash flow perusahaan lebih sehat, Volkswagen dikabarkan berencana menjual beberapa brand yang berada di bawah naungannya, di antaranya Ducati, Scania, dan MAN. Yups, Ducati masuk dalam daftar salah satu perusahaan yang bakal dijual oleh Volkswagen!

Volkswagen saat ini boleh dibilang menjadi salah satu group perusahaan otomotif terbesar di dunia yang menaungi 11 brand, yaitu Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini, Porsche, Ducati, MAN, Scania, SEAT, Skoda, dan Volkwagen. Sayangnya dari banyak brand itu Ducati jadi kandidat paling kuat untuk dilepas. Padahal Ducati terus menunjukkan tren kenaikan penjualan setiap tahunnya. Tapi rupanya kondisi itu nggak membuat Volkswagen bergeming. Dalam laporan Reuters, Volkswagen sedang melakukan pembicaraan dengan pabrikan motor asal India – Hero – dan beberapa brand motor asal China untuk menjual Ducati.

Hero memang cukup berpeluang membeli Ducati dari Volkswagen. Apalagi beberapa minggu sebelum kabar penjualan Ducati ini menyeruak, Ducati memberikan pengumuman ingin melakukan kerja sama dengan Hero atau Royal Enfield di India. Sayangnya tidak dijelaskan seperti apa bentuk kerja sama yang diinginkan oleh Ducati dengan Hero atau Royal Enfield. Namun, kalau benar Hero akhirnya membeli Ducati, maka pabrikan motor asal India benar-benar bisa go internasional melalui brand Ducati. Bukan nggak mungkin pula Hero mendapatkan berbagai teknologi dan desain ciamik yang dimiliki Ducati untuk kemudian dipasang pada motor-motor merek Hero sendiri.

Berdasarkan sejarahnya, Ducati dibeli oleh Audi (anak perusahaan Volkswagen) pada tahun 2012. Saat itu nggak semua pemegang saham setuju dengan pembelian Ducati. Tapi Audi tetap ngotot dan merealisasikan pembelian. Nah, bagi investor atau perusahaan manapun yang ingin membeli Ducati setidaknya perlu mengeluarkan dana sebesar US$ 1,5 miliar. Itu adalah angka valuasi Ducati saat ini. Jika jadi dijual, paling nggak dana itu bisa sedikit membantu Volkswagen yang mengalami kerugian US$ 18,2 miliar akibat denda dari pengadilan, biaya recall, dan biaya perbaikan mobil bermesin diesel yang emisinya dipermainkannya di masa lalu. Kita lihat aja deh, apakah Ducati masih tetap dipertahankan Volkswagen, didapatkan Hero, atau malah jatuh ke tangan investor China?

Advertisements