Diam-Diam Sherco Sudah Siapkan Motor Enduro 2-Stroke Injeksi



Pada tanggal 15 Mei 2017 nanti KTM akan resmi meluncurkan lineup motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi (electronic fuel injection/EFI). Sistem pembakaran injeksi pada motor enduro 2-stroke KTM itu diberi nama Transfer Port Injection (TPI) yang rencananya dipasang pada varian motor KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI model year 2018. Langkah KTM itu juga akan diikuti oleh Husqvarna yang berencana meluncurkan motor enduro 2-stroke injeksi bernama Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018 pada tanggal 30 Mei 2018. Jangan heran kalau KTM dan Husky selalu kompakan, karena mereka merupakan brand yang sama-sama berada di bawah naungan KTM Group. Makanya dua brand ini selalu menggunakan basis frame, basis mesin, dan teknologi yang sama. Lalu bagaimana brand-brand motor lain dalam menanggapi langkah yang diambil oleh KTM dan Husky?

Ternyata… Secara diam-diam brand motor off road asal Perancis, Sherco Motorcycles, juga sudah mempersiapkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi. Kabar mengenai Sherco yang menerapkan sistem pembakaran injeksi pada motor enduro 2-stroke memang minim muncul ke permukaan. Faktanya, Sherco mengklaim sistem injeksi pada motor enduro 2-stroke miliknya sudah siap, motornya juga sudah siap, tapi Sherco sengaja belum melemparkan ke pasaran. Sherco justru senang KTM melangkah lebih awal sehingga Sherco bisa memantau bagaimana minat konsumen terhadap motor enduro 2-stroke injeksi.

“Motornya sudah siap, sistem pembakaran injeksi (untuk motor enduro 2-stroke) sudah siap, dan kami pun sudah siap, tapi itu masih belum perlu dilempar ke pasaran,” ungkap Boss Sherco Marc Teissier yang dikutip dari Enduro21.com.



Sekitar tiga tahun yang lalu Sherco menjadi headlines di berbagai media otomotif dunia ketika mereka merilis video motor enduro 2-stroke injeksi yang dites oleh sebuah majalah otomotif asal Perancis, Moto Verte. Namun setelah itu Sherco lebih banyak bungkam, enggan memberikan penjelasan mengenai project motor enduro 2-stroke injeksi. Toh Sherco berhasil meloloskan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran karburator sesuai dengan standar regulasi emisi Euro 4. KTM dan Husky yang memiliki sumber daya lebih melimpah akhirnya terjun lebih awal dengan rencana peluncuran motor enduro 2-stroke injeksi pada bulan Mei 2017 ini. Boleh dibilang KTM dan Husky meluncurkan motor enduro 2-stroke injeksi ini juga kepepet karena mesin karbu mereka gagal lolos homologasi Euro 4.

“Awalnya kami takut dengan homologasi yang diterapkan oleh Uni Eropa di masa yang akan datang sehingga kami mulai mengembangkan sistem pembakaran injeksi pada mesin 2-stroke. Tetapi kami juga bekerja agar bisa menemukan cara untuk mempertahankan sistem yang kami miliki dan kami sekarang bisa lolos homologasi Euro 4 dengan sistem pembakaran karburator. Dan buatku itu masih lebih baik. Karburasi merupakan nyawa mesin 2-stroke. Itu sangat simple, mudah digunakan dan mudah dalam perawatan oleh konsumen dengan biaya (perawatan) yang murah. Sistem pembakaran injeksi akan menambah biaya ekstra pada motor,” kata Marc Teissier lebih lanjut.

Menurut Marc Teissier, sudah cukup bagi Sherco membuat kesalahan di masa lampau, di mana pabrikan biru menjadi yang pertama mengeluarkan motor enduro/off road 4-stroke dengan sistem pembakaran injeksi. Kenapa? Karena biasanya konsumen nggak bisa langsung percaya dengan teknologi yang benar-benar baru dan jauh berbeda dengan teknologi lawas. Oleh karena itu, pada kasus motor enduro 2-stroke injeksi ini Sherco masih mau lihat-lihat dulu seperti apa respon pasar terhadap produk yang dikeluarkan oleh KTM dan Husky, meskipun kalau mau produk Sherco sendiri sudah sangat siap diluncurkan.

“Aku pikir tidak perlu terburu-buru sekarang ini. Aku merasa kami sudah membuat kesalahan dengan menjadi pabrikan pertama yang mengeluarkan motor 4-stroke injeksi di pasar motor off road. Itu semuanya benar-benar baru dan konsumen masih ragu-ragu dengan perubahan yang ada. Sehingga pada kasus ini (2-stroke) kami lebih baik menunggu sebentar. Kami punya semua teknologi untuk 4-stroke, dan sekarang juga punya sistem pembakaran injeksi pada mesin 2-stroke, tapi kami sabar menunggu,” papar Marc Teissier.

Dari empat pabrikan motor off road ternama di Eropa, yaitu KTM, Husky, Sherco, dan Beta, masing-masing dari mereka memiliki cara yang berbeda agar motor enduro 2-stroke mereka lolos dalam menghadapi regulasi emisi Euro 4 yang mulai berlaku 1 Januari 2017 lalu. Sherco dan Beta sukses besar comply dengan homologasi Euro 4 dengan tetap mempertahankan sistem pembakaran karburator pada mesin 2-stroke. Di sisi lain, KTM dan Husky harus menempuh jalan yang lebih panjang. Mesin 2-stroke karbu milik KTM dan Husky hanya bisa comply dengan standar emisi Euro 3, sehingga mereka perlu meluncurkan mesin 2-stroke dengan sistem injeksi. So, apakah Sherco dan Beta bakal menyusul meluncurkan motor enduro 2-stroke injeksi? Sepertinya dalam waktu dekat ini masih belum bro… Sherco dan Beta cukup nyaman dengan sistem karburator, dan bukan nggak mungkin sistem jadul itu akan terus dipakai sampai dengan ada regulasi emisi yang baru lagi, Euro 5, pada tahun 2020!

Advertisements