• Home »
  • Article »
  • Yamaha Rekrut De Soultrait dan Caimi Jadi Rider Factory di Rally Dakar 2018

Yamaha Rekrut De Soultrait dan Caimi Jadi Rider Factory di Rally Dakar 2018



Bro sekalian… Rally Dakar 2018 dihelat masih cukup lama, yaitu pada bulan Januari tahun depan. Namun, salah satu tim factory yang rutin ikut serta dalam ajang kejuaraan tersebut, Yamalube Yamaha Official Rally Team, sudah melakukan persiapan. Salah satu persiapan yang dilakukan Yamaha adalah dengan merekrut pembalap anyar dan potensial agar peluang menjadi juara Dakar 2018 semakin terbuka lebar. Siapa saja mereka??

Xavier de Soultrait merupakan rider pertama yang direkrut oleh Yamalube Yamaha Official Rally Team untuk menghadapi Rally Dakar 2018. Sebelumnya Xavier de Soultrait merupakan rider tim privater Yamaha, Viltais Racing Team HFP. Performa Xavier de Soultrait yang sangat gemilang di tim privater pada Rally Dakar 2017 lalu membuat Yamalube Yamaha Official Rally Team kepincut. Xavier de Soultrait memang nggak masuk 10 besar klasemen akhir Rally Dakar 2017. Dia hanya finish di urutan ke-13 klasemen akhir. Tapi performanya di beberapa stage begitu mengagumkan. Dia sukses merecoki rider-rider unggulan dalam memperebutkan podium stage, termasuk ketika dia sukses menjadi juara stage 1 Rally Dakar 2017! Jujur aja nih bro, melihat performa Xavier de Soultrait pada Rally Dakar 2017 lalu memang dia layak promosi ke tim factory Yamaha. Apalagi dia udah paham banget dengan seluk-beluk motor Yamaha WR450F Rally, sehingga nggak perlu banyak penyesuaian!

“Sudah menjadi bagian dari keluarga Yamaha sejak lama, tentu aku sangat gembira bisa bergabung dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team. Kami sudah melakukan pengetesan WR450F Rally versi terbaru beberapa minggu yang lalu dan aku langsung kagum dengan keseluruhan performa motor itu. Dibandingkan dengan kebanyakan motor standar yang aku gunakan pada balap Dakar tahun ini (2017), motor terbaru memiliki power lebih banyak, memiliki performa pengereman lebih baik, dan memiliki ekstra top speed. Ini adalah paket lengkap, dimana kami ingin memberikan prestasi lebih baik di Dakar berikutnya,” ujar Xavier de Soultrait.



Selain Xavier de Soultrait, Yamalube Yamaha Official Rally Team juga merekrut pembalap rookie yang fenomenal pada Rally Dakar 2017 lalu. Dia adalah Franco Caimi yang sebelumnya membela Honda South America Rally Team. Sebagai rookie, performa Caimi juga sangat jempolan. Bahkan prestasi Caimi di klasemen akhir Rally Dakar 2017 masih lebih baik ketimbang Xavier de Soultrait. Pada Rally Dakar 2017, Caimi cukup konsisten sehingga dia mampu mengakhiri kompetisi di urutan kedelapan. Jelas saja itu prestasi sangat bagus buat rider rookie yang masih minim pengalaman di Rally Dakar. Bukan apa-apa bro, soalnya posisi top 10 itu kebanyakan memang diisi oleh para rider unggulan yang sudah sangat kaya pengalaman.

“Tidak ada kata-kata untuk mengucapkan terima kasih kepada Yamaha yang memberikan aku kesempatan bergabung dengan tim official mereka. Perasaanku sangat senang sejak aku mendapatan motor WR450F Rally. Berpindah haluan dari balap enduro ke rally hampir dua tahun lalu, aku merasa ini langkah yang sangat tepat, sehingga bergabung dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team merupakan langkah besar dalam karirku,” kata Caimi.

Ada rider yang masuk, tentu saja ada yang terdepak. Sama seperti Rally Dakar 2017, pada Rally Dakar 2018 mendatang Yamalube Yamaha Official Rally Team hanya akan mengandalkan empat orang rider. Dua pos sudah diisi oleh rider baru Xavier de Soultrait dan Franco Caimi, sehingga tinggal tersisa dua pos lagi yang menjadi rebutan para rider lawas. Adrien Van Beveren yang menjadi rider paling cemerlang dari Yamaha pada Rally Dakar 2017 dengan menempati posisi keempat klasemen akhir tentu saja dipertahankan. Yamaha juga mempertahankan Rodney Faggotter walaupun performanya kurang meyakinkan. Artinya, Helder Rodrigues dan Alessandro Botturi terpaksa menyingkir dari Yamalube Yamaha Official Rally Team. Yang agak aneh kenapa malah Helder Rodrigues yang didepak ya? Padahal prestasinya masih lebih bagus ketimbang Rodney Faggotter. Helder Rodrigues finish di urutan kesembilan di Rally Dakar 2017…

“Kami senang mengumumkan bahwa Xavier de Soultrait dan Franco Caimi akan menjadi rider factory mendampingi Adrien Van Beveren dan Rodney Faggotter,” ungkap Boss Yamalube Yamaha Official Rally Team Jose Leloir.

Nah… Komposisi rider Yamalube Yamaha Official Rally Team untuk Rally Dakar 2018 sudah komplit. Bahkan mungkin Yamalube Yamaha Official Rally Team menjadi tim pertama yang mengumumkan siapa-siapa saja rider mereka yang ikut dalam ajang balap Rally Dakar 2018. Kemampuan Xavier de Soultrait dan Franco Caimi yang baru saja bergabung dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team pertama kali akan dites di Afriquia Merzouga Rally. Semoga saja mereka mendapatkan hasil yang baik di sana, dan semoga juga para rider Yamalube Yamaha Official Rally Team bisa kompetitif di Rally Dakar 2018. Biar nggak KTM melulu yang juara.

Advertisements