• Home »
  • Article »
  • Bocor… Seperti Ini Spesifikasi Mesin Calon Motor Trail 150 cc Buatan AHM…

Bocor… Seperti Ini Spesifikasi Mesin Calon Motor Trail 150 cc Buatan AHM…

Kayaknya bukan rahasia lagi nih bro, Astra Honda Motor (AHM) sedang mengembangkan motor trail 150 cc buatan lokal yang akan jadi penantang serius bagi Kawasaki KLX150 series. Bocoran yang diungkapkan oleh Motorplus Online menyebutkan bahwa prototipe motor trail 150 cc dari AHM sudah selesai dibuat dan sekarang sedang memasuki tahap pengujian di sirkuit internal yang berada di Plant 2 AHM, Cakung, Jakarta Timur. Nggak cuma mendapatkan informasi mengenai pengujian prototipe, rupanya spesifikasi mesin motor yang digadang-gadang punya nama CRF150L itu juga bocor ke media. Seperti apa spesifikasinya?

Dalam bocoran-bocoran sebelumnya sudah sering disebutkan bahwa motor trail entry level buatan AHM akan menggunakan mesin sederhana dari sosok Verza atau MegaPro. Sepertinya sinyal itu semakin mendekati kenyataan nih bro… Dari bocoran Motorplus Online, motor trail 150 cc buatan lokal ini rencananya menggunakan mesin 149,2 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Basisnya memang mirip dengan mesin Verza/MegaPro nih… Mesin itu kabarnya sanggup memuntahkan tenaga sebesar 9,72 kW atau setara dengan 13,03 HP di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 12,7 Nm di putaran mesin 6.000 rpm. Walaupun menggunakan basis mesin yang sederhana dan konvensional, namun sistem pembakaran mesin itu sudah modern lantaran dilengkapi dengan sistem PGM-FI khas Honda.

Kabar lain yang bocor adalah pada versi prototipe, basis mesin, rangka, suspensi, dan body didatangkan dari China. Sebuah sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan, AHM mendatangkan berbagai komponen dari China lantaran Sundiro Honda Motorcycle Corporation Limited (Honda China) sudah memproduksi motor trail dual purpose 150 cc terlebih dahulu ketimbang AHM. Setelah Adventuriderz.com cari, Sundiro Honda Motorcycle Corporation Limited (Honda China) punya motor dual purpose bernama XR150L. Motor dengan tipe dan jenis yang sama kayaknya juga udah dijual di sejumlah negara, termasuk Filipina dan negara-negara lain di Amerika Selatan ya…

Sampai sekarang memang masih belum jelas seperti apa arah pengembangan motor trail 150 cc dari AHM. Jujur aja, kalau AHM mencomot mentah-mentah XR150L versi China dan kemudian memproduksinya di Indonesia, rasanya sulit untuk menjungkalkan dominasi Kawasaki KLX150 series. Kenapa? Karena XR150L itu desainnya bergaya street bike banget. Nggak beda banyak sama Verza yang dikasih front fender tinggi, long travel suspension, dan ban ring 17-19 inch. IMHO konsumen Indonesia masih lebih demen dengan motor dual purpose bergaya off road. Peruntukannya pun nanti lebih banyak buat off road adventure sampai dengan supermoto. Mestinya yang jadi acuan pengembangan adalah CRF150F, bukan XR150L. Tapi ya kita lihat saja… Soalnya antara XR150L dan CRF150F punya basis mesin dan frame yang mirip-mirip. Hanya bodywork-nya saja yang beda. Semoga aja AHM nggak mencomot mentah-mentah desain XR150L. Pakai basis mesin dan frame yang sama dengan XR150L boleh lah, cuma untuk desain bodywork sebaiknya dengan gaya yang benar-benar motor trail. Jok ramping dan rata, tangki mungil, bodywork tajam, serta ban ring 18-21 inch.

Bocoran Spesifikasi Motor Trail 150 cc Buatan AHM

  • Jenis Mesin – Satu silinder, SOHC, 4-stroke, 2-valve
  • Kapasitas Mesin – 149,2 cc
  • Diameter x Langkah – 57,3 x 57,8 mm
  • Kompresi – 9,5:1
  • Sistem Pendingin – Udara
  • Sistem Pembakaran – PGM-FI
  • Power – 9,72 kW (13,03 HP)/8.500 rpm
  • Torsi – 12,7 Nm/6.000 rpm
  • Transmisi – 5-percepatan
  • Pola Pengoperan Gigi – 1-N-2-3-4-5
  • Starter – Electric starter & kick starter
  • Tipe Kopling – Manual, multi plate wet clutch with coil spring

Advertisements