• Home »
  • Article »
  • Jokowi Pakai Trail KLX150 BF SE di Papua, Promosi Gratis Buat Kawasaki?

Jokowi Pakai Trail KLX150 BF SE di Papua, Promosi Gratis Buat Kawasaki?



Bro sekalian… Presiden Jokowi baru saja melakukan kunjungan kerja di Papua, tepatnya memantau progres pembangunan Jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu I yang rencananya bakal menghubungkan berbagai kabupaten dan wilayah-wilayah terpencil di Papua yang selama ini cukup sulit diakses kecuali melalui jalur udara. Menariknya dalam kunjungan itu Presiden Jokowi lebih memilih nunggang motor trail… Padahal beliau bisa saja request melakukan pemantauan dengan menaiki mobil atau malah helikopter.

Nah, motor trail yang dipakai oleh rombongan Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Pegunungan Trikora – Papua adalah KLX150 series dan KLX250S. Kabarnya sih total ada sekitar 20 unit KLX150 series yang dipakai oleh rombongan dan ada beberapa unit KLX250S. Presiden Jokowi sendiri kebagian unit KLX150 BF Special Edition (SE) berwarna hitam, sedangkan rombongan yang ikut kebanyakan menggunakan KLX150G alias versi paling basic.



Dikutip dari Otomania.com, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tidak menyangkal mendapatkan pesanan sekitar 20 unit KLX150 series dari instansi negara. Menurut Deputy Head Sales and Promotion Division Kawasaki Motor Indonesia Michael Chandra Tanadhi, sekitar dua atau tiga bulan yang lalu ada pesanan khusus KLX150 atas nama TNI Angkatan Laut. Pesanan tidak dilakukan langsung ke Kawasaki Motor Indonesia, tapi dilakukan di main dealer Kawasaki Indonesia Bagian Timur, tepatnya yang bermarkas di Makassar. Semua motor dibeli secara off the road tanpa ada diskon sama sekali. Meskipun pesannya di Makassar, namun semua motor itu dikirim dari Jakarta ke Papua menggunakan pesawat Hercules milik TNI.

“Memang pesannya waktu itu buru-buru, dan harus ada dalam jangka waktu yang cepat. Mereka memesan via main dealer Kawasaki Indonesia Bagian Timur, Makassar. Kisaran harganya beda Rp 3 juta (lebih murah), harga off the road. Tidak ada diskon, sama saja,” ungkap Michael.

Kalau benar apa yang disebut Pak Michael bahwa Kawasaki nggak memberikan diskon, artinya Kawasaki untung banyak. Maksudnya bukan untung dalam hal penjualan 20-an unit KLX150 itu, melainkan untung dari sisi publikasi. Saat Pak Jokowi nunggang KLX150 di Papua, maka berita dan fotonya viral di mana-mana. Namanya juga dipakai oleh orang nomor satu di Indonesia. Pasti jadi pusat perhatian masyarakat. Kawasaki nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk promosi. Asli ini marketing dan promosi yang sangat murah, bahkan gratis. Udah jualan tanpa diskon, dapat publikasi berbagai media di Indonesia pula. Luar biasa!! Kawasaki untung banyak!! Jangan-jangan KLX150 bakal semakin hits nih setelah dipakai sama Jokowi… Hehehe…

Advertisements