• Home »
  • Article »
  • Dari Bocoran, Power Trail 150 cc Honda Unggul Tipis dari Kawasaki KLX150

Dari Bocoran, Power Trail 150 cc Honda Unggul Tipis dari Kawasaki KLX150

Bro sekalian… Media otomotif ternama di Indonesia, Motorplus Online, sudah mendapatkan bocoran mengenai mesin calon motor trail 150 cc lokal buatan Astra Honda Motor (AHM). Dari bocoran yang didapatkan oleh Motorplus Online, prototipe motor yang menggunakan kode project K84A itu saat ini sedang menjalani pengujian di Plant 2 AHM, Cakung, Jakarta Timur. Kabarnya, mesin, frame, suspensi, dan body prototipe motor yang digadang-gadang memiliki nama CRF150L itu masih didatangkan dari China. Kemungkinan besar basisnya adalah dari motor dual purpose XR150L yang diproduksi oleh Sundiro Honda Motorcycle Corporation Limited (Honda China).

Masih dari sumber yang sama, Honda K84A bakal menggunakan mesin berkapasitas 149,2 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Mungkin AHM sengaja menggunakan mesin sederhana yang mirip dengan milik Verza agar biaya produksi lebih rendah dan dari segi perawatan bagi konsumen juga lebih murah. Motorplus Online menyebut mesin Honda K84A mampu mengeluarkan power sebesar 9,72 kW atau setara dengan 13,03 HP di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimalnya sebesar 12,7 Nm di putaran mesin 6.000 rpm. Mesin itu sudah dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI khas Honda! Terus gimana peluang Honda K84A melawan Kawasaki KLX150 di segmen motor trail entry level?

Kalau bocoran itu benar, maka performa Honda K84A cuma unggul tipis dibandingkan dengan Kawasaki KLX150. Mesin motor trail andalan Geng Ijo itu mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 8,6 kW atau setara dengan 11,53 HP di putaran mesin 8.000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 11,3 Nm di putaran mesin 6.500 rpm. Dari data di atas kertas Kawasaki KLX150 memang kalah dibandingkan dengan Honda K84A. Selisih power sekitar 1,5 HP dan selisih torsi sekitar 1,4 Nm. Selain itu, motor bikinan AHM juga unggul di sisi sistem pembakaran yang sudah menggunakan injeksi. Dalam kondisi yang sama-sama standar, Honda K84A yang pakai sistem injeksi pasti lebih ngacir melibas tanjakan, sedangkan Kawasaki KLX150 yang pakai karburator vakum dipastikan tersengal-sengal.

Tapi perlu diingat juga, masih banyak ruang untuk improvisasi performa pada Kawasaki KLX150 dengan budget yang rendah. Ketertinggalan power Kawasaki KLX150 sebesar 1,5 HP bisa diraih dengan penggantian knalpot free flow, sementara tarikan yang loyo bisa diakali dengan penggantian karburator model skep. Apalagi banyak pengguna motor trail off road di Indonesia itu masih kolot. Mereka lebih menyukai motor dengan sistem pembakaran karburator ketimbang injeksi karena perawatan gampang dan murah serta oprekannya juga mudah. So, kemungkinan besar Honda K84A tidak akan mudah dalam menumbangkan dominasi Kawasaki KLX150 di segmen motor trail entry level.

Sekali lagi, itu hanya asumsi jika bocoran spesifikasi mesin yang disampaikan oleh Motorplus Online benar… Kalau bocorannya salah ya asumsinya bisa beda lagi. Kita lihat saja nanti seperti apa spesifikasi realnya, bagaimana performanya, bagaimana kenyaman suspensinya, apa saja fiturnya, dan yang nggak kalah penting seperti apa desain yang ditawarkan oleh Honda. Adventuriderz.com berharap desain Honda K84A benar-benar memiliki gen CRF yang cakep dan jadi dambaan para rider penggemar trail, bukan mencomot mentah-mentah desain XR150L yang justru lebih pantas dikatakan mirip Verza modifan. Adventuriderz.com yakin AHM bisa memberikan desain motor yang menawan. Itu terbukti dari sejumlah motor lokal bikinan AHM seperti CB150R, CBR150R, dan CBR250RR semuanya punya desain yang ciamik. Semoga saja desain motor trail 150 cc AHM nanti unggul dari sisi desain, performa, fitur, dan segala-galanya dibandingkan dengan Kawasaki KLX150. Kenapa? Biar Kawasaki nggak kelamaan tidur, membiarkan KLX150 tanpa update yang berarti dalam jangka waktu yang super panjang. Kompetisi yang sengit bakal menguntungkan konsumen kok!

Advertisements