• Home »
  • Article »
  • Manjakan Rider, Honda Pasang Electric Starter Pada CRF450R Versi 2018

Manjakan Rider, Honda Pasang Electric Starter Pada CRF450R Versi 2018

Selain meluncurkan motor enduro CRF450RX model year 2018, nggak ketinggalan Honda juga memberikan update pada lineup motocross flagship CRF450R. Sejumlah ubahan dan fitur ditambahkan pada CRF450R model year 2018 agar motor ini memikat para pecinta balap motocross di dunia. Maklum aja bro, pada dasarnya CRF450R ini merupakan versi basic motor balap motocross CRF450RW yang dipakai oleh Tim Gajser di ajang MXGP. Apalagi Tim Gajser bersama dengan CRF450RW masih terus on fire di gelaran MXGP 2017, sehingga varian basic CRF450R yang dijual kepada konsumen umum juga perlu mendapatkan sentuhan. Memang update apa saja yang diberikan Honda pada CRF450R model year 2018?

Sebagai varian motor motocross, selama ini Honda nggak memberikan electric starter pada CRF450R. Pertimbangannya adalah agar bobot motor balap ini jadi lebih ringan. Bukan rahasia lagi, penambahan motor starter lengkap dengan baterai dan perlengkapan lainnya membuat beban motor bertambah dan itu nggak bagus buat motor balap motocross. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sejumlah pabrikan motor asal Eropa seperti KTM dan Husqvarna memberikan electric stater pada motor motocross-nya. Jelas Honda nggak mau tinggal diam. Apalagi sudah ada teknologi yang membuat berbagai perlengkapan electric starter pada motor menjadi lebih ringan dibandingkan dengan jaman dulu, sehingga akhirnya untuk pertama kali Honda membekali CRF450R model year 2018 dengan electric starter.

Pemasangan electric starter pada CRF450R model year 2018 jelas akan memanjakan para rider yang menggunakannya. Mereka nggak perlu lagi repot-repot mengeluarkan tenaga ekstra untuk menghidupkan mesin menggunakan kick starter. Asyiknya, walaupun CRF450R model year 2018 udah pakai electric starter namun bobotnya tetap ringan. Kenapa? Karena baterai CRF450R model year 2018 menggunakan tipe lithium-ion yang bobotnya ultra ringan. Kemudian Honda juga memutuskan mencopot tuas kick starter yang tentu saja bisa mengurangi beban.

Sentuhan lain yang diberikan oleh Honda pada CRF450R model year 2018 ada pada bagian suspensi untuk meningkatkan feel rider terhadap sasis, meningkatkan handling, dan lebih enak buat menikung. Lalu settingan ECU mendapatkan update agar mesin memberikan power delivery lebih baik. Sejumlah fitur-fitur unggulan seperti tangki bahan bakar dari bahan dasar titanium, tombol pilihan engine-mode, dan rem depan dengan piringan bergelombang 260 mm tetap ada pada CRF450R model year 2018.

Sama kasusnya seperti motor enduro CRF450RX, si motor motocross CRF450R juga nggak dijual secara resmi oleh ATPM Honda di Indonesia. Untuk mendapatkannya bro mesti pergi ke importir umum. Memang nggak susah-susah amat buat mendapatkannya. Pasti banyak importir umum yang memasukkan CRF450R dan CRF450RX. Apalagi ini motor cuma dijual off the road, jadi nggak terlalu ribet dalam hal perijinan. Ya walaupun harganya kemungkinan juga nggak murah-murah amat sih…

Advertisements