KTM Akhirnya Resmi Luncurkan Motor Enduro 2-Stroke Injeksi!!



Akhirnya selubung dibuka pada 15 Mei 2017 di Austria, menandai peluncuran motor enduro KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018. Momen ini tergolong sangat istimewa nih bro, karena bakal menjadi era baru bagi motor enduro 2-stroke. Motor enduro 2-stroke yang semula hanya menggunakan sistem pembakaran konvensional berupa karburator kini menggunakan sistem pembakaran injeksi, dan KTM menjadi pabrikan pertama di dunia yang menerapkannya lewat KTM 250/300 TPI model year 2018!!

Seperti yang sudah ada pada bocoran-bocoran sebelumnya, KTM hanya menerapkan sistem pembakaran injeksi pada KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. Kemungkinan nanti juga akan merambah pada KTM 250 XC-W TPI, namun nggak ikut diterapkan pada varian motor enduro 2-stroke 125 cc dan 150 cc. TPI sendiri merupakan singkatan dari Transfer Port Protocol yang digunakan sebagai sistem/teknologi injeksi pada motor enduro 2-stroke milik KTM. Untuk mengembangkan sistem ini rupanya KTM nggak sendirian, melainkan melakukan kerja sama sangat intensif dengan pabrikan spesialis EFI (electronic fuel injection), yaitu Synerject. Terus apa untungnya motor enduro 2-stroke KTM menggunakan sistem injeksi bernama TPI??

Banyak pihak yang ragu penggunaan sistem pembakaran injeksi bakal membuat power mesin jadi loyo. KTM pun membantahnya… KTM menyatakan power yang dikeluarkan oleh mesin KTM 250/300 EXC TPI berada di level yang sama dengan model sebelumnya yang masih pakai sistem pembakaran karburator. Malah dalam pemaparannya KTM mengatakan bahwa sistem injeksi pada KTM 250/300 EXC TPI model year 2018 memiliki banyak sekali keunggulan, di antaranya membuat motor memiliki emisi gas buang yang bersih dan performa yang konsisten. Kemudian, motor memiliki berbagai sensor yang bisa mendeteksi tekanan udara dan suhu udara sehingga performa KTM 250/300 EXC TPI nggak terpengaruh oleh ketinggian maupun cuaca di lokasi balap/off road. Bukan rahasia lagi kalau motor dengan sistem pembakaran karburator cukup sensitif dengan perubahan ketinggian. Semakin tinggi ketinggian, maka performa motor semakin drop. Selain itu, dengan penggunaan sistem injeksi, premix oli samping dengan bensin ketika melakukan pengisian bahan bakar juga nggak diperlukan lagi, dan tentu saja keunggulan yang nggak bisa terelakkan adalah membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit. Mengenai spesifikasi teknis KTM 250/300 EXC TPI model year 2018 bakal kita ulas di artikel berikutnya ya!



Advertisements