Rider Yamaha “Xavier de Soultrait” Juarai Merzouga Rally 2017



Asli nggak sia-sia Yamaha mengontrak Xavier de Soultrait masuk ke tim pabrikan Yamalube Yamaha Official Rally Team. Dalam debut balap perdana dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team di ajang Afriquia Merzouga Rally 2017, Xavier de Soultrait berhasil meraih gelar juara, mengalahkan para pembalap unggulan lainnya. Hal lain yang nggak kalah impresif, Franco Caimi yang juga baru saja bergabung dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team ikut meraih hasil yang sangat baik dengan menempati podium ketiga klasemen akhir. Wah, Yamaha mulai terlihat menjanjikan di ajang balap rally dunia nih!!

Xavier de Soultrait memang sudah lama bergabung dengan Yamaha. Namun pada tahun-tahun sebelumnya dia masuk ke tim satelit bernama Viltais Racing Team HFP. Setelah tampil impresif di Rally Dakar 2017 bersama dengan Viltais Racing Team HFP, dia kemudian dikontrak oleh Yamaha untuk masuk ke dalam tim factory Yamalube Yamaha Official Rally Team. Kepercayaan Yamaha kepada Xavier de Soultrait itu rupanya langsung dibayar sempurna dengan menjadi juara pada balap pertamanya dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team, tepatnya saat berlaga di Afriquia Merzouga Rally 2017.

Afriquia Merzouga Rally 2017 sendiri merupakan balap rally yang digelar selama enam hari atau enam stage di Maroko. Xavier de Soultrait yang menggunakan motor WR450F Rally versi tim factory memang terus tampil baik sejak stage pertama dan pada stage terakhir (stage 6), dia tidak kesulitan menjadi pembalap yang finish paling cepat walaupun tingkat kesulitan dalam hal navitasi semakin tinggi dan track-nya lebih banyak bergaya seperti motocross. Tentu saja Afriquia Merzouga Rally 2017 menjadi balapan paling berkesan bagi Xavier de Soultrait sekaligus memberikan kado spesial buat Yamaha.



“Memenangkan balap rally ini begitu luar biasa. Ini merupakan kemenangan besar yang pertama buatku di Afrika dan menjadi langkah baik untuk menyelesaikan event pertamaku sebagai bagian dari tim (Yamalube Yamaha Official Rally Team). Pada enam hari kemarin aku belajar banyak. Aku berusaha meningkatkan kemampuan navigasiku dan belajar bagaimana membuka track dengan tetap memiliki kecepatan tinggi. Menjadi bagian dari tim yang sangat terorganisir ini juga membantu (kemenanganku),” ungkap Xavier de Soultrait.

Selain mendapatkan kado manis dari debut perdana Xavier de Soultrait, Yamalube Yamaha Official Rally Team juga mendapatkan kado dari Franco Caimi. Caimi pada Rally Dakar 2017 lalu masih bergabung dengan Honda South America Rally Team. Namun penampilannya yang ciamik pada Rally Dakar 2017 membuat Yamalube Yamaha Official Rally Team kepincut untuk merekrutnya. Bersama dengan Xavier de Soultrait, dia diproyeksikan menjadi salah satu pembalap unggulan Yamalube Yamaha Official Rally Team di ajang Rally Dakar 2018 mendatang. Asyiknya, dalam debut perdananya dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team di ajang Afriquia Merzouga Rally 2017 dia mampu menyumbangkan podium ketiga. Melihat performa awal Yamalube Yamaha Official Rally Team yang baru saja diperkuat oleh Xavier de Soultrait dan Franco Caimi, kayaknya tim yang satu ini cukup potensial meraih gelar juara Rally Dakar 2017 bersaing dengan Red Bull KTM Factory Racing Team dan Monster Energy Honda Team. Jadi nggak sabar nunggu Rally Dakar 2018 nih!

Hasil Balap Afriquia Merzouga Rally 2017

  1. Xavier de Soultrait – Yamalube Yamaha Official Rally Team (Yamaha WR450F Rally)
  2. Gerard Farres – HIMOINSA Racing Team (KTM 450 Rally)
  3. Franco Caimi – Yamalube Yamaha Official Rally Team (Yamaha WR450F Rally)
  4. Joan Pedrero – Sherco TVS Factory Rally Team (Sherco RTR 450 Rally)
  5. Alessandro Botturi – Yamaha Italy (Yamaha WR450F Rally)
Advertisements