Spesifikasi Komplit KTM 250 EXC TPI & KTM 300 EXC TPI

Bro sekalian… KTM baru saja meluncurkan lineup motor enduro 2-stroke baru yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Setidaknya ada tiga varian motor enduro 2-stroke yang pakai sistem electronic fuel injection (EFI), yaitu KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI. KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI umumnya akan dijual di market Eropa, sedangkan KTM 250 XC-W TPI lebih difokuskan untuk market Amerika Serikat. Mungkin banyak dari bro sekalian yang penasaran dengan spesifikasi KTM 250/300 EXC TPI yang boleh dibilang menjadi penanda era baru motor enduro 2-stroke. Yuk simak ulasannya!

Perlu diketahui aja nih bro… Sistem injeksi yang terpasang pada KTM 250/300 EXC TPI nggak membuat motor ini lebih lemot dibandingkan dengan versi karburator. Performa mesin versi injeksi dan karburator boleh dibilang berimbang. Malah varian injeksi memiliki banyak sekali keunggulan, mulai dari konsumsi bahan bakar lebih irit, emisi gas buang jauh lebih rendah, rider tidak perlu melakukan premix oli samping dan bensin ketika melakukan pengisian bahan bakar, hingga performa motor tidak mengedrop dalam menghadapi berbagai kondisi ketinggian maupun cuaca karena punya banyak sensor suhu udara dan tekanan udara.

KTM 250 EXC TPI dilengkapi dengan mesin berkapasitas 249 cc, sedangkan KTM 300 EXC TPI memiliki mesin berkapasitas 293,2 cc. Keduanya pakai sistem electronic fuel injection bernama Transfer Port Protocol (TPI). FYI aja, TPI merupakan sistem pembakaran injeksi yang dikembangkan langsung oleh KTM dan Synerject khusus untuk mesin 2-stroke. Konsepnya adalah sistem injeksi itu menggunakan dua buah injektor yang dicangkokkan pada transfer port dari silinder mesin. Hasilnya, mesin menjadi lebih smooth dan mudah dikendarai, lebih hemat bahan bakar, dan minim vibrasi. Tentu saja mesin KTM 250/300 EXC TPI dilengkapi dengan sistem pendingin cairan dan transmisi manual 6-speed lengkap dengan kopling DDS yang membuat pengoperasian kopling menjadi ringan dan kopling pun jadi lebih awet. Nggak cuma itu saja, KTM 250/300 EXC TPI sekarang pakai oil pump dan tabung berkapasitas 700 ml untuk menampung oli samping. So, pengisian bahan bakar KTM 250/300 EXC TPI nggak merepotkan lagi karena bahan bakar dan oli akan dicampur secara otomatis oleh sistem. Rider nggak perlu lagi melakukan premix oli samping dan bensin ketika mengisi bahan bakar.

Beralih ke sektor frame, KTM masih mempercayakan frame bertipe central tube dari bahan dasar chromium molybdenum dengan bobot sangat ringan. Begitu juga dengan sub-frame dibuat sangat ringan dari bahan aluminium. Kemudian suspensi KTM 250/300 EXC TPI model year 2018 masih sama seperti KTM 250/300 EXC model year 2017, yaitu pakai suspensi depan upside down WP XPLOR 48 dan suspensi belakang mono shock buatan WP yang dihubungkan ke swing arm menggunakan sistem PDS khas KTM. Untuk setup suspensi KTM 250/300 EXC ini juga sangat gampang, tinggal putar-putar dengan sistem click tanpa perlu alat khusus. Ini benar-benar memanjakan rider yang ingin menyesuaikan settingan suspensi. Semua itu kemudian dipadu dengan bodywork yang keren dan ramping serta tangki bahan bakar berkapasitas 9 liter. Hasilnya bisa bro lihat, KTM 250/300 EXC TPI memang ganteng!

Selain ditunjang oleh mesin yang strong dan frame rigid plus bobot enteng, KTM 250/300 EXC TPI juga dilengkapi dengan berbagai komponen unggulan. Seperti biasanya, KTM nggak main-main dalam memilih komponen. Sebut saja handlebar buatan NEKEN, rem Brembo, rim buatan Giant, tromol yang dibuat menggunakan mesin CNC, ban MAXXIS, footpegs No Dirt, radiator buatan WP, knalpot standar buatan WP, hingga baterai (aki) lithium-ion yang super ringan namun bisa mengeluarkan daya sebesar 196 watt. Yups, dengan berbagai komponen jempolan itu bobot KTM 250 EXC TPI maupun KTM 300 EXC TPI cuma 103 kg (tanpa bahan bakar). Bakal jadi salah satu motor enduro unggulan nih!

Advertisements