• Home »
  • Article »
  • KTM 250 EXC TPI & KTM 300 EXC TPI 2018 Bakal Dipasarkan di Tanah Air

KTM 250 EXC TPI & KTM 300 EXC TPI 2018 Bakal Dipasarkan di Tanah Air



KTM baru saja meluncurkan motor enduro 2-stroke terbaru bernama KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018. Berbeda dengan KTM 250/300 EXC yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator, KTM 250/300 EXC TPI ini udah pakai sistem pembakaran electronic fuel injection (EFI) yang diberi nama Transfer Port Protocol (TPI). TPI sendiri dikembangkan oleh KTM bersama dengan perusahaan spesialis EFI, Synerject, yang memang didedikasikan khusus buat mesin 2-stroke!

Dengan menggunakan sistem pembakaran injeksi, KTM 250/300 EXC TPI memiliki power yang setara dengan motor bermesin karburator. Namun di sisi lain versi injeksi punya segudang keunggulan seperti konsumsi bahan bakar jauh lebih irit, emisi gas buang jauh lebih rendah, rider tidak perlu melakukan premix oli samping dan bensin ketika melakukan pengisian bahan bakar karena motor sudah dilengkapi dengan tabung oli samping dan oil pump yang bekerja secara otomatis, nggak perlu lagi menekan tuas choke ketika menghidupkan mesin di pagi hari lantaran proses rejetting dilakukan otomatis, dan yang nggak kalah menarik performa KTM 250/300 TPI nggak drop signifikan ketika menghadapi kondisi medan yang tinggi maupun berbagai kondisi cuaca karena sudah dilengkapi dengan berbagai sensor, termasuk sensor suhu udara dan tekanan udara.



KTM memang memfokuskan penjualan KTM 250/300 EXC TPI di pasar Eropa karena di sana menuntut motor yang lolos homologasi Euro 4 meskipun untuk off road sekalipun. Mungkin banyak dari bro sekalian bertanya-tanya, mungkinkah KTM 250/300 EXC TPI dijual juga di luar Eropa, termasuk Indonesia? Jawabannya adalah iya! Indonesia akan menjadi negara yang akan kedatangan KTM 250/300 EXC TPI dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Lineup motor KTM 250/300 EXC TPI malah udah nongol di website KTM yang didedikasikan untuk Indonesia (ktm.com/id/). Kepastian masuknya KTM 250/300 EXC TPI juga diungkapkan oleh salah satu dealer resmi KTM yang ada di wilayah Bintaro, Tangerang. Bahkan dealer tersebut sudah mulai membuka kran indent buat konsumen yang menginginkan unit KTM 250/300 TPI.

Kalau KTM 250/300 EXC TPI udah positif masuk ke Indonesia, terus bagaimana dengan harganya? Sampai sekarang belum ada info maupun konfirmasi resmi dari pihak KTM Indonesia (PT Jaya Selaras Sejahtera) yang menjadi distributor resmi dirt bike dan big bike KTM di Indonesia. Tapi yang pasti nih bro, harganya bakal lebih mahal dibandingkan dengan KTM 250/300 EXC versi karburator yang sekarang manteng di angka Rp 139-142 juta off the road. Kemungkinan sih harganya bakal nempel dengan deretan motor enduro KTM yang pakai mesin 4-stroke. Rentang harganya sekitar Rp 150-165 jutaan off the road. Tunggu aja deh kabar resmi dari KTM Indonesia. Buat yang mau indent langsung, udah bisa tuh!

Advertisements