• Home »
  • Article »
  • KTM Jual Motor Enduro 2-Stroke Injeksi dan Karbu Secara Berdampingan

KTM Jual Motor Enduro 2-Stroke Injeksi dan Karbu Secara Berdampingan



Kehadiran motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi dari KTM, yaitu KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI, memang bikin geger para penggemar enduro/off road dunia. Yups, KTM menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan motor enduro 2-stroke injeksi yang dianggap memiliki emisi gas buang lebih rendah dan jauh lebih ramah terhadap lingkungan. Tapi namanya teknologi baru, ada yang menyambut baik dan ada pula yang kurang suka. KTM sepertinya sudah paham dengan hal itu dan memperhitungkan dengan cermat berbagai hal sebelum meluncurkan KTM 250/300 EXC TPI. Langkah besar pun diambil dengan menjual motor enduro 2-stroke injeksi dan karburator sekaligus!!

Tujuan awal penggunaan sistem pembakaran injeksi pada KTM 250/300 EXC TPI adalah agar motor enduro 2-stroke yang masih banyak banget peminatnya itu bisa lolos homologasi Euro 4, sehingga penjualannya di Eropa bisa terus berjalan mulus. Tapi di sisi lain KTM juga melihat market di luar Eropa masih belum menggunakan standar emisi Euro 4 atau yang setara. Tidak sedikit pula konsumen motor enduro 2-stroke di luar Eropa yang masih demen dengan sistem pembakaran karburator karena harganya lebih murah dan perawatannya mudah, meskipun punya konsekuensi lebih boros bahan bakar dan emisi gas buangnya tergolong tinggi.



Untuk mengadopsi keinginan dan kebutuhan banyak pihak, maka KTM memutuskan menjual motor enduro 2-stroke varian injeksi dan karburator sekaligus. Varian injeksi dipakai untuk memenuhi kebutuhan market Eropa dan negara-negara lain yang menginginkannya, sedangkan versi karburator untuk memenuhi permintaan negara-negara yang belum menggunakan standar emisi Euro 4. Jadi ini adalah win-win solution… Beruntungnya, kemungkinan besar Indonesia mendapatkan varian injeksi dan karburator sekaligus. So, bro sekalian bisa memilih motor mana yang lebih disukai. Mau sistem karburator ada KTM 150 XC-W, KTM 250/300 XC-W, dan KTM 250/300 EXC, sedangkan kalau minat dengan versi injeksi ada deretan nama seperti KTM 250/300 EXC TPI dan KTM 250 XC-W TPI. Tinggal pilih sesuka hati…

Advertisements