SWM Masuk ke India Pada Desember 2017, Indonesia Menyusul??

Kabar yang cukup menarik datang dari Negeri Bollywood, India, nih bro… Media otomotif setempat, MotorBeam, menyebutkan bahwa brand motor asal Italia, Speedy Working Motorcycles (SWM), akan mulai menjual produknya di India pada Desember 2017. Produk-produk SWM akan dijual di India melalui distributor bernama Kinetic MotoRoyale yang juga menjadi distributor produk MV Agusta di sana. Apakah SWM juga akan segera memperluas jaringannya ke Indonesia??

Mungkin masih belum banyak dari bro sekalian yang kenal dengan merek SWM. Sebenarnya blog ini sudah sering membahas mengenai SWM. Tapi Adventuriderz.com coba jelaskan sekilas. Jadi SWM itu merupakan merek motor yang pernah eksis di Italia pada tahun 80-90an sebelum akhirnya gulung tikar. Kemudian saat BMW menjual merek Husqvarna ke KTM, ada investor asal China bernama Shineray yang tertarik menghidupkan kembali SWM. Langkah yang diambil cukup simple namun sangat bagus. Modal berasal dari Shineray; merek menggunakan SWM; pabrik perakitan, mesin, frame, desain, hingga engineer menggunakan eks Husky yang nggak ikut diambil alih oleh KTM. Perlu diingat, KTM cuma membeli merek Husky saja, sedangkan berbagai fasilitas pabrik, engineer, mesin, frame, desain, dan berbagai paten yang dimiliki oleh Husky nggak ikut diambil alih dan akhirnya dibeli oleh SWM yang mendapatkan dukungan dari Shineray.

Untuk market India, pada tahap awal nanti SWM akan memperkenalkan dua produk terlebih dahulu, yaitu SuperDual T dan SuperDual X. Keduanya adalah motor yang identik dengan genre adventure-tourer. Yang membedakan hanya terletak pada bagian ban, di mana SuperDual T menggunakan ban yang lebih berorientasi on road Metzeler Tourance 17-19 inch, sedangkan SuperDual X mengandalkan ban berorientasi off road Metzeler Tourance Sahara dengan ring 18-21 inch juga. SuperDual menggunakan mesin satu silinder berkapasitas 650 cc, 4-stroke, dan berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 57 HP. Motor ini dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan, kapasitas tangki bahan bakar 18 liter, dan suspensi buatan Sach… Rasanya spesifikasi yang dimiliki oleh SuperDual sudah cukup untuk melakukan touring hingga adventure jarak jauh!

Rencananya SWM SuperDual akan dijual oleh Kinetic MotoRoyale dalam satu showroom secara berdampingan dengan produk MV Agusta. Jadi showroom Kinetic MotoRoyale ini punya konsep multi brand, menjual produk SWM dan MV Agusta sekaligus di India. Kabar yang beredar mengatakan bahwa SuperDual bakal dijual di India dengan harga setara dengan Rp 103-134 juta. Memang cukup mahal untuk ukuran harga motor di India. Tapi masih sangat wajar karena produknya didatangkan secara utuh (CBU) dari Italia.

Terus gimana dengan Indonesia? Apakah merek SWM juga akan dijual di Tanah Air? Kalau nunggu SWM yang secara pro-aktif masuk ke Indonesia sih kayaknya bakal lama banget. Bahkan mungkin perlu nunggu sampai Lebaran kuda dulu deh baru ada… Mestinya investor lokal di Indonesia yang aktif melobi SWM untuk menjadi distributor resmi di Indonesia. Ini peluang banget lho… Merek-merek motor Italia kayak MV Agusta, Ducati, Piaggio, Vespa, Aprilia, Moto Guzzi, hingga Beta udah ada distributor resminya di sini. Tinggal SWM aja nih yang belum. Apalagi produk buatan SWM juga bukan produk kacangan. Selain motor adventure SuperDual, masih ada banyak produk dari genre enduro/off road, dual sport, dan supermoto. Semuanya menggunakan desain, frame, mesin, hingga komponen-komponen yang sama dengan Husky di masa lampau (era BMW). Dari ulasan media-media otomotif internasional banyak yang memberikan penilaian positif terhadap produk SWM. Rata-rata mereka sependapat kalau motor SWM itu nyaman dan mudah dikendarai meskipun powernya nggak seganas produk KTM atau Husky era sekarang. Mungkin ada bro yang tertarik menjadi distributor SWM?

Advertisements