Husky 401 Svartpilen Batal Diproduksi di Pabrik Bajaj – India??



Di EICMA 2016 yang lalu, brand motor yang tergabung dalam KTM Group, Husqvarna Motorcycles, resmi meluncurkan dua motor baru yang bergenre street bike, yaitu Husky 401 Vitpilen (cafe racer) dan Husky 401 Svartpilen (scrambler). Motor itu baru akan dijual ke pasaran pada semester kedua 2017 atau menjelang akhir tahun nanti.

Awalnya sejumlah kabar menyebutkan bahwa Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen bersama dengan motor baru bermesin dua silinder KTM 790 Duke akan diproduksi di pabrik Bajaj yang berada di Chakan, India. Maklum, Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen dibangun dari basis frame dan mesin KTM 390 Duke yang sudah lama diproduksi di Negeri Bollywood. Pertimbangan memproduksi Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen di India agar biaya produksi lebih murah lantaran memiliki banyak banget kesamaan part dengan KTM 390 Duke. Sayangnya, besar kemungkinan rencana ini berubah… Kabar terbaru menyebutkan bahwa Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen akan diproduksi di Austria yang menjadi markas KTM dan Husky!

Seperti yang dilansir oleh RushLane, kemungkinan ada dua alasan yang membuat KTM Group batal memproduksi KTM 790 Duke, Husky 401 Vitpilen, dan Husky 401 Svartpilen di India. Alasan pertama, KTM ingin menawarkan kualitas yang sangat superior kepada konsumen KTM 790 Duke, Husky 401 Vitpilen, dan Husky 401 Svartpilen. Wajar aja karena target market utama motor-motor itu berasal dari Eropa yang sudah sangat terbiasa akan motor-motor dengan built quality superior. Bukan berarti hasil produksi pabrik Bajaj jelek, nggak sama sekali… Namun produksi yang dilakukan oleh pabrik KTM sendiri di Austria memang menawarkan produk dengan built quality lebih baik. Alasan kedua, pabrik Bajaj yang berada di Chakan, India, sudah sangat sibuk menangani produksi produk Bajaj dan KTM (125/200/250/390 Duke/RC series), baik itu untuk market domestik di India maupun untuk market internasional.



Walaupun kemungkinan besar batal menjadi basis produksi Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen, namun Bajaj diperkirakan tetap akan menjadi vendor bagi sejumlah komponen. Bajaj akan mengekspor beberapa komponen yang diperlukan untuk membangun Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen dari India ke Austria. Selain itu, dalam waktu yang tidak lama lagi KTM akan meluncurkan KTM RC 390 terbaru dan motor adventure anyar bernama KTM 390 Adventure. Motor-motor itu bakal diproduksi secara eksklusif di India. Jadi kesimpulannya, Bajaj tetap memproduksi seluruh street bike KTM di bawah 400 cc. Untuk varian motor KTM yang lebih besar dan motor dengan merek Husky, belum akan diproduksi oleh Bajaj. Itu kalau rencananya nggak berubah lagi sih bro…

Advertisements