30 Mei 2017, Husky Luncurkan Motor Enduro 2-Stroke Injeksi



Bro sekalian… KTM sudah resmi meluncurkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi yang diberi nama Transfer Port Protocol (TPI) pada 15 Mei 2017 lalu. TPI merupakan sebuah sistem pembakaran injeksi revolusioner yang dikembangkan oleh KTM bersama dengan Synerject (perusahaan spesialis sistem injeksi) khusus untuk mesin 2-stroke. Setidaknya ada tiga produk KTM yang menggunakan ssitem ini, antara lain KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI model year 2018. Motor-motor itu akan segera dilempar ke pasaran dalam waktu dekat dan kemungkinan masuk ke Indonesia menjelang akhir tahun 2017.

Langkah KTM yang meluncurkan motor enduro 2-stroke injeksi itu tentu saja akan diikuti oleh Husqvarna. Hal ini memang sudah sangat lumrah karena Husky yang kini berada di bawah naungan KTM Group menggunakan basis mesin, frame, dan teknologi yang sama dengan KTM. Kabarnya, motor enduro 2-stroke injeksi dari Husky bakal diluncurkan secara global pada 30 Mei 2017 atau hanya berselang dua minggu setelah peluncuran motor enduro 2-stroke injeksi milik KTM. Husky sudah sempat memberikan pengumuman, dua model motor enduro 2-stroke yang pakai sistem injeksi adalah Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018.



Nah… Kalau KTM menggunakan sistem injeksi bernama TPI pada motor enduro 2-stroke, dipastikan Husky juga akan menggunakan teknologi dan sistem yang sama pada Husky TE 250i dan Husky TE 300i. Sistem injeksi ini memberikan sejumlah keunggulan yang sangat nyata, antara lain tenaga motor tidak berkurang kalau dibandingkan dengan mesin dengan sistem pembakaran karbu, lebih irit bahan bakar, emisi gas buang sangat rendah bahkan lulus homologasi Euro 4, rider nggak perlu melakukan premix oli samping dan bensin ketika melakukan pengisian bahan bakar lantaran sudah disediakan tabung khusus oli samping lengkap dengan oil pump yang memungkinkan pencampuran oli samping dan bensin dilakukan secara otomatis, dan yang nggak kalah penting adalah performa motor dengan sistem injeksi tidak drop signifikan ketika berada di dataran tinggi karena di sana sudah terpasang berbagai sensor termasuk sensor tekanan udara dan suhu udara.

Walaupun nantinya Husky menjual motor enduro 2-stroke injeksi, namun motor enduro 2-stroke dengan sistem karburator masih tetap dijual kok bro. Soalnya peminat motor dengan sistem pembakaran karburator juga masih banyak dengan alasan harga motor lebih murah serta perawatan motor yang lebih mudah dan murah, meskipun harus dikonsekuensikan dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang boros dan kurang ramah terhadap lingkungan. So, mau pilih motor enduro 2-stroke injeksi atau karbu, semuanya disediakan oleh Husky. Kita tinggal tunggu saja deh seperti apa spesifikasi lengkap dari Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018. Kemungkinan besar sih nggak berbeda jauh dibandingkan dengan KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018.

Advertisements