• Home »
  • Article »
  • Trail 150 cc Honda Pakai Mesin MegaPro FI dengan Settingan Piston Berbeda

Trail 150 cc Honda Pakai Mesin MegaPro FI dengan Settingan Piston Berbeda

Belakangan memang sangat santer dikabarkan kalau Astra Honda Motor (AHM) sedang meracik motor trail entry level dengan kapasitas mesin 150 cc sebagai calon pesaing bagi Kawasaki KLX150. Bukan rahasia lagi, KLX150 telah menjadi raja motor trail entry level di Indonesia dengan angka penjualan yang lumayan gurih. Tidak kurang dari 5.000-6.000 unit KLX150 didistribusikan oleh Kawasaki setiap bulannya. Angka penjualan KLX150 jelas bikin ngiler AHM, selain karena AHM sudah memiliki tekat ingin menyediakan berbagai macam motor yang diinginkan oleh konsumen.

Sejumlah bocoran yang keluar menyebutkan bahwa motor trail 150 cc racikan AHM menggunakan kode project K84A, mengandalkan suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock dengan sistem Pro-Link, rem cakram depan-belakang sudah pasti wajib, serta desain dan penamaan yang kemungkinan besar mirip-mirip dengan trail 150 cc global dari Honda, yaitu CRF150… Jadi kalau di pasar global ada CRF150F (off road) dan CRF150R (motocross), diprediksi motor dual sport 150 cc buatan AHM nanti menyandang nama CRF150L.

FYI aja nih bro… Kini ada satu bocoran lagi yang diungkapkan oleh salah satu media ternama di Indonesia, OTOMOTIFNET, yaitu motor trail 150 cc buatan AHM bakal menggunakan basis mesin MegaPro FI. Hal ini diungkapkan oleh sumber internal AHM yang enggan disebutkan namanya. Masih dari sumber yang sama, walaupun basis mesinnya sama dengan MegaPro FI, namun ada beberapa settingan yang berbeda agar karakternya benar-benar cocok sebagai motor garuk tanah…

“Iya, pakai mesin NMP (New Mega Pro), tapi ada setingan di piston, kompresi dan pengapiannya,” ungkap sumber itu, dikutip dari OTOMOTIFNET.

Sebagai gambaran aja… MegaPro FI menggunakan mesin 149,5 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara dengan transmisi manual 5-percepatan. Dari namanya sudah cukup jelas kalau mesin ini sudah dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi (PGM-FI). Mesin yang punya ukuran bore dan stroke 57,3 x 57,84 mm ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 13,2 HP di putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal 12,3 Nm di putaran mesin 6.500 rpm serta ratio kompresi 9,5:1. Prediksi Adventuriderz.com nanti motor trail 150 cc dari AHM jambakan torsinya lebih oke kalau dibandingkan dengan MegaPro FI walaupun pakai basis mesin yang identik.

Advertisements